64 Pohon Kering dan Rawan Tumbang Dibabat

Feb 16, 2018 09:10
Petugas BPBD saat memangkas pohon di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. (FOTO: Pusdalops BPBD Kota Batu for BatuTIMES)
Petugas BPBD saat memangkas pohon di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. (FOTO: Pusdalops BPBD Kota Batu for BatuTIMES)

Cuaca ekstrem hujan deras dan berangin sering melanda Kota Batu beberapa bulan terakhir. Kejadian pohon tumbang yang kerap terjadi rupanya langsung mendapatkan perhatian dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu.

Sejumlah 30 pohon kering yang ada di Kota Batu, sebagaian sudah teratasi. Dari total 64 pohon yang sudah dipetakan untuk ditebang. Beberapa pohon mati atau kering itu sudah ditebang.

Begitu juga dengan ranting-ranting yang rawan patah, sudah banyak yang dipangkas yang sudah berlangsung sejak bulan Desember 2017 lalu. Terlebih saat Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko memerintahkan untuk memangkas pohoh rawan tumbang dan kering.

Saat ini intensitas hujan yang semakin tinggi, sejak dua bulan terakhir sehingga kejadian jumlah pohon rawan tumbang yang dipotong pun semakin bertambah. Terlihat pemotongan dilakukan di Jl Panglima Sudirman, Jl Sultan Agung, Jl Diponegoro dan titik-titik lainnya.

Kepala Seksi Pembangunan dan Pemeliharaan Drainase Perkotaan, Bidang Bina Marga, Dinas PUPR Kota Batu Agung Kuntoro mengatakan, pemotongan pohon kering ini dilakukan agar saat hujan deras dan berangin tidak ada lagi adanya bencana.

“Dari 64 pohon yang kering, hingga saat ini masih 30 pohon yang sudah kita tebang. Dan sisanya akan terus dilakukan penebangan sebab sangat berbahaya,” ungkap Agung, Jumat (16/2/2018).

Sejumlah 30 pohon kering yang akan ditebang ukurannya tidak begitu besar. Namun ia tidak ingin mengabaikan hal itu. Sebab, kemungkinan tumbang dan mencederai orang bisa saja terjadi.

“Kami memotong pohon-pohon ini juga tidak asal. Pohonnya mati atau kering yang memiliki intensitas rawan bencana kita tebang. Supaya tidak ada bencana terkait pohon tumbang,” tutupnya.

 Namun ia menghimbau bagi pengendara saat mengendarai di tengah cuaca hujan deras dan berangin harus berhati-hati. 

Topik
BPBD KotaBatuDPUPR Kota Batupohon rawan tumbang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru