Peringati Hari Pers Nasional, PWI Malang Pilih Gelar di Masjid, Ini Alasannya

Feb 09, 2018 16:26
Ketua PWI Malang Raya Arieful Huda (kiri) memberikan potongan tumpeng kepada anak yatim sebagai bentuk syukur saat memperingati Hari Pers Nasional. Peringatan digelar di Masjid Baitur Rohmah Kedungkandang (foto: Wahida Rahmania A/MalangTIMES)
Ketua PWI Malang Raya Arieful Huda (kiri) memberikan potongan tumpeng kepada anak yatim sebagai bentuk syukur saat memperingati Hari Pers Nasional. Peringatan digelar di Masjid Baitur Rohmah Kedungkandang (foto: Wahida Rahmania A/MalangTIMES)

MALANGTIMES -  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang punya cara berbeda memaknai Hari Pers Nasional (HPN). Peringatan justru digelar di Masjid Baitur Rohmah kawasan Jalan Raya Kedungkandang Gang 7 RT 7 RW 3 Kelurahan Kedungkandang,Kecamatan Kedungkandang,Kota Malang, pada Jumat (9/2/2018). Mengapa digelar di masjid? 

Ketua PWI Malang Raya Arieful Huda punya alasan khusus. Ia mengatakan momentum Hari Pers Nasional harus mengembalikan fungsi dan peran pers di masyarakat.

Baca Juga : HMI Kisip Brawijaya Salurkan Bantuan APD dan Handsanitizer ke RS Saiful Anwar

Salah satu cara ialah berbaur di lingkungan masyarakat. Usai melaksanakan salat Jum'at, Arief dan jajaran pengurus PWI Malang Raya menggelar doa bersama.

Memaknai Hari Pers Nasional, Arief mengajak awak media introspeksi diri. "Hari Pers Nasional sebenarnya adalah momentum yang tepat juga untuk kita lakukan introspeksi diri kita. Sudah sejauh mana kita bisa melaksanakan amanah dan tugas sebagai seorang wartawan dengan baik," kata dia kepada MalangTIMES, Jum'at (9/2/2018).

Ia menyebut dalam menjalankan tugas sebagai wartawan tidak menutup kemungkinan melakukan kesalahan. "Artinya marilah kita sebagai wartawan terbuka dengan siapapun. Mereka boleh mengkritisi dalam konteks mengingatkan," sambung Arief. 

Peringatan HPN yang digelar PWI Malang di masjid lingkungan RW 3 Kelurahan Kedungkandang Kota Malang disambut dengan hangat oleh warga setempat. Bahkan mereka tak segan membantu baik tenaga maupun materi. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Takmir Masjid Baitur Rohmah Haji Saiful Islan.


PWI Malang Raya memberikan santunan kepada anak yatim di panti asuhan RW 3 Kelurahan Kedungkandang Kecamatan Kedungkandang Kota Malang (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

Saiful yang juga menjadi khotib salat Jum'at juga menyampaikan nasehat-nasehat dalam Islam tentang penyampaian suatu informasi berita. "Baru kali ini ada wartawan yang punya acara di masjid dan melakukan peringatan Hari Pers Nasional. Warga disini memang rukun, dan acara ini juga langsung disambut baik warga. Mereka saling bantu termasuk membantu menyiapkan makanan," ungkap Saiful. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Berita MalangHari Pers NasionalPWI malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru