MALANGTIMES - Setelah melalui rangkaian tahapan untuk lolos sebagai partai politik peserta Pemilu 2019, baik verifikasi administrasi maupun faktual yang dilakukan KPUD Kabupaten Malang, 14 parpol akhirnya dinyatakan lolos. 

Artinya, 14 parpol yang terdiri dari 12 parpol peserta pemilu 2014 lalu yang terdiri dari PDI Perjuangan, PKPI, Golkar, Demokrat, Gerindra, PPP, PKS,  PBB, PKB, PAN, Nasdem dan Hanura telah lolos sesuai aturan. Sedangkan 2 parpol baru yang lolos dalam verifikasi administrasi dan faktual adalah partai Berkarya dan Perindo. 

Hal ini disampaikan Santoko, Ketua KPUD Kabupaten Malang setelah menyelesaikan rapat pleno penyerahan hasil verifikasi kepada 14 partai peserta Pemilu 2019 di RM Bojana Puri, Kepanjen,  Kamis (08/02).  

"Dari hasil pleno atas verifikasi yang telah kita lakukan, 14 parpol telah clear semuanya untuk di tingkat daerah," kata Santoko. 

Secara nasional, lanjut Santoko, pengumuman hasil verifikasi akan langsung dilansir oleh KPU Pusat,  yaitu tanggal 18 Februari 2018 mendatang. 

Dari hasil rapat pleno dengan hasil ke-14 parpol telah memenuhi prasyarat administrasi dan faktual,  sebelumnya terdapat beberapa perbaikan terhadap dua parpol calon peserta pemilu 2019. Yaitu PAN dan PBB pada saat penyerahan Berita Acara penyerahan hasil verifikasi. 

"Setelah kita lakukan verifikasi faktual, dua parpol tersebut telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan," ujar Santoko. 

Seperti diketahui, dalam verifikasi faktual, KPU menetapkan syarat sesuai dengan regulasi Pemilu kepada parpol calon peserta. Ada empat point yang diverifikasi oleh  KPUD, yaitu keterwakilan 30% keanggotaan perempuan, keberadaan kantor, verifikasi kepengurusan inti serta keterwakilan 5% dari keanggotaan di Kabupaten Malang.