foto istimewa

foto istimewa



MALANGTIMES - Sejumlah 12 partai politik di Kota Batu dinyatakan lolos verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu. Sebelumnya diketahui bahwa banyak kesalahpahaman terkait persayaratan keterwakilan perempuan.

Seperti yang terjadi di partai partai Nasional Demokrat (NasDem), sebelumnya ada kesalahpahaman terkait persayaratan kepengurusan keterwakilan perempuan saat proses verifikasi di kantornya, (30/1/2018). 

Ternyata dalam rekapitulasi hasil verifikasi faktual kepengurusan keterwakilan perempuan partai NasDem menunjukkan kesesuaian. Bahkan dari syarat keterwakilan perempuan 30 persen, di partai NasDem menunjukkan di kolom tiga yakni 31 persen. 

Dengan demikian partai NasDem telah memenuhi syarat keterwakilan perempuan dari jumlah yang ditentukan 

Komisioner KPU Kota Batu Divisi Hukum, Mardiono mengatakan salah satu persyaratan verifikasi partai politik adalah 30 persen jumlah keterwakilan perempuan dalam kepengurusan tidak wajib dipenuhi oleh parpol di tingkat Kota/Kabupaten.

“Iya memang selama masa verifikasi berlangsung empat hari hingga Kamis (1/2/2018) lalu ada kesalahpahaman terkait persyaratan keterwakilan perempuan,” ungkap Mardiono.

Namun kekurangan tersebut ternyata tidak menjadi masalah alias tetap diloloskan atau memenuhi syarat. Hanya saja, meski tidak menjadi kewajiban KPU tetap memberikan rekomendasi agar syarat keterwakilan perempuan terpenuhi.

“Ya walaupun memang tidak menjadi salah satu penilaian. Tetapi kami merekomendasikan, jika memang ada lebih baik dipenuhi,” imbuhnya.

Sementara itu, dari ke 13 partai politik calon peserta Pemilu 2019, satu parpol di Kota Batu dinyatakan tidak lolos. Partai itu yakni Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Tidak lolosnya PKPI karena banyak syarat yang tidak dipenuhi saat verifikasi. Seperti tidak ada nama-nama anggota Parpol di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), lalu alamat kantor juga tidak sesuai dengan yang ada saat ini.

End of content

No more pages to load