Gugusan bintang di Pantai Balekambang. (Foto: Google Image)
Gugusan bintang di Pantai Balekambang. (Foto: Google Image)

MALANGTIMES - Setelah sebelumnya MalangTIMES mencoba menyajikan spot-spot strategis untuk menikmati milky way atau gugusan bintang berbagai belahan bumi Indonesia, sekarang MalangTIMES akan coba sajikan spot-spot terapik untuk menikmati gugusan bintang.

Tak perlu jauh-jauh ke luar kota, sebab di beberapa tempat di Malang ini kamu juga bisa menikmati pesona bintang-bintang malam. Ini dia tempatnya.

1. Bromo

Pesona Gugusan bintang di langit Bromo.  (Foto: Google Image)

Bromo milky way tak kalah indahnya dengan sunset Bromo. Tidak hanya wisatawan lokal yang memburu penampakan keindahan kelap-kelip gugusan bintang ini namun turis manca negara pun juga berebut memburunya. Tak heran jika Bromo milky way masuk jajaran daftar milky way terindah di dunia.

2. Bukit Budug Asu

Bintang-bintang di Budug Asu.  (Foto: Google Image)

Bagi yang suka berburu milky way, tak lengkap jika belum ke Bukit Budug Asu, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

View di bukit yang berada di Lereng Gunung Arjuno ini tak hanya indah saat siang, tapi ketika langit malam sedang cerah, kita bisa menikmati hamparan milky way sambil rebahan di atas tanah di lereng Gunung Arjuno.

3. Gunung Banyak

Gugusan bintang di Gunung Banyak. (Foto: Google Image)

Gunung Banyak lebih dikenal dengan wisata Paralayang. Di ketinggian ini Anda bisa menikmati langit malam yang bak lautan bintang. Selain bintang di langit, kelap-kelip lampu di lembahnya juga semakin menguatkan julukan bukit bintang untuk kawasan ini. Suasana akan semakin syahdu jika dinikmati berdua berasama pasangan.

4. Gunung Panderman

Bintang-bintang di Puncak Gunung Panderman. (Foto: Putu Shantiawan)

Gunung Panderman adalah salah satu dari rangkaian tiga gunung yakni Gunung Butak dan Gunung Kawi yang membentuk suatu pegunungan yang jika dilihat dari kejauhan seperti seorang putri yang tidur dimana Gunung Panderman menjadi bagian kaki dari gugusan pegunungan Putri Tidur ini.

Di puncak Puncak Basundara yakni puncak dari Pandernan dari puncak ini bisa kita lihat Gunung Arjuno - Welirang dan juga Gunung Semeru.

Ketika malam hari jika beruntung kita bisa melihat pemandangan lampu kelap-kelip kota Batu dan Malang serta juga dapat melihat ribuan bintang di langit dan milky way.

5. Pantai Goa Cina

Gugusan bintang di langit Pantai Goa Cina (Foto: Google Image)​

Pantai ini ada di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Salah satu keunikan dari pantai ini adalah keindahan ombak liar khas pantai-pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia.

Tempat wisata di Malang selatan ini juga menyajikan fenomena alam yang langka, yakni adanya gelombang air laut bersimpangan tidak keruan dari tiga arah, yakni arah selatan, timur dan arah barat.

Arus gelombang itu bertabrakan diantara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya. Tetapi tidak hanya itu saja, di pantai ini kita juga dapat menikmati keindahan dari gugusan bintang galaksi bima sakti.

6. Pantai Balekambang

Gugusan bintang di Pantai Balekambang. (Foto: Google Image)

Di Pantai Balekambang tidak hanya terkenal dengan eksotisme sunset di sore hari. Di malam harinya, gugusan bintang yang bertaburan di angkasa menambah indahnya malam di pantai yang mempunyai Pura Amerta Jati ini. Biasanya kepala dan ekor galaksi Bima Sakti akan terlihat sekitar pukul 01.00 WIB.

7. Pantai Ngliyep

Samar-samar bintang di langit Pantai Ngliyep.  (Foto: Istimewa)

Pantai Ngliyep adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Hindia tepatnya di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Dari Kota Malang sekitar 62 km ke arah selatan Kota Malang.

Selain terkenal dengan eksotisme sunset yang kerap diburu wisatawan, di pantai Ngliyep ini kamu juga bisa menikmati gugusan bintang yang seolah merangi malam di tepi pantai. Debur ombak semakin menambah syahdunya malam bersama kerlap-kerlip bintang.