Jalur pendakian Gunung Bromo bisa Anda lakukan melalui jalur wilayah Malang Raya. (foto : google image)
Jalur pendakian Gunung Bromo bisa Anda lakukan melalui jalur wilayah Malang Raya. (foto : google image)

MALANGTIMES - Wisata pendakian gunung masih menjadi pilihan sebagian wisatawan khususnya para pecinta alam. Di sekitar Malang Raya ada deretan gunung dengan panorama indah dan jujugan wisatawan. 

Ada lima gunung yang bisa didaki lewat jalur di kawasan Malang Raya. Selain Gunung Semeru, ternyata ada beberapa gunung di sekitar Kota Malang yang bisa dijadikan tujuan pendakian dan menyuguhkan panorama yang indah. 

Baca Juga : Ditemukan Sepatu, Kaus Kaki, Topi di Dekat Hilangnya Pendaki Gunung di Kota Batu

Berikut MalangTIMES merangkung lima gunung yang jalur pendakiannya bisa melalui wilayah Malang Raya.

1. Gunung Semeru

Gunung Semeru pendaki bisa melalukan akses jalur pendakian Pendakian Ranu Pani. (foto : google image)

Bila kamu suka berpetualang dengan mendaki gunung terutama Gunung Semeru, kamu tidak usah bingung dan khawatir tersesat. Pasalnya, untuk ke Gunung Semeru kamu bisa lewat Jalur Pendakian Ranu Pani. 

Pendakian di gunung ini menggunakan sistem kuota. Jumlah pendaki hanya dibatasi 300 orang saja perhari. 

Gunung Semeru merupakan destinasi pendakian paling Favorit di Jawa Timur, terutama di Kabupaten Malang. Gunung ini memiliki ketinggian 3676 Mdpl.

Saat mendaki Gunung Semeru kamu akan melewati  danau yang sudah cukup kondang namanya, yakni Ranu Kumbolo. 

Danau ini sangat indah terutama ketika  matahari terbit. Jalur terberat dari pendakian ini ialah trek pasir selepas Arcopodo hingga puncak. 

2. Gunung Panderman

Gunung Panderman pendakian melewati jalur Dusun Toyomerto dan Jalur Patak Banteng dari basecamp Toyomerto sampai Puncak Basundara sekitar 2,5 sampai 3 jam. (foto : google image)

Untuk mendaki gunung ini, kalian bisa melewati jalur Dusun Toyomerto dan Jalur Patak Banteng. Dari basecamp Toyomerto sampai Puncak Basundara, waktu yang ditempuh cuma 2,5 sampai 3 jam. 

Selama perjalanan kamu akan melewati Pos Latar Ombo dan Watu Gede. Gunung Panderman terletak di Dusun Toyomerto, Kelurahan Songgokerto, Kota Batu. Gunung ini memiliki ketinggian 2000 Mdpl dengan puncaknya yang bernama Puncak Basundara. 

Meskipun memiliki ketinggian 2000an Mdpl, gunung ini tergolong ramah bagi pemula. Dari puncak gunung ini, kamu bisa melihat Gunung Arjuno-Welirang, Gunung Semeru dan Gunung Anjasmoro ketika cuaca sedang cerah. 

3. Gunung Butak

Gunung Butak melalui Jalur Panderman, Batu-Jalur Pesarean Gunung Kawi dan Jalur Princi, Dau, Kabupaten Malang. (foto : google image)

Gunung Butak memiliki ketinggian 2868 Mdpl yang terkenal dengan sabananya yang indah. Gunung Butak masih dalam satu pegunungan dengan Gunung Panderman. Tepatnya di Pegunungan Putri Tidur (Kawi-Butak-Panderman). 

Gunung ini bersebelahan dengan Gunung Kawi. Secara administratif, gunung ini terletak di Kabupaten Malang dan Blitar. 

Untuk mendaki gunung ini kamu bisa melewati jalur pendakian melalui Jalur Panderman, Batu-Jalur Pesarean Gunung Kawi dan Jalur Princi, Dau, Kabupaten Malang.

Baca Juga : Lari seperti Kesurupan, Pendaki Hilang di Gunung Buthak Panderman Batu

Jika ingin mendaki dari arah barat, kamu bisa melewati jalur pendakian Sirah Kencong. Jika ingin mendaki dari arah timur, kamu bisa melewati jalur pendakian Panderman dan Jalur Princi. 

Karakter Jalur Sirah Kencong yakni terus-terusan menanjak dengan sedikit bonus jalan datar, hampir sama dengan Jalur Princi, Dau. Jalur Princi dan Jalur Panderman nantinya akan bertemu di satu titik sebelum masuk kawasan Cemorokandang.

4. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno bisa melewati Jalur Purwosari, Lawang, Karangploso Kabupaten Malang dan jalur Batu-Cangar-Jurang Kwali-Selecta Kota Batu. (foto : google image)

Jalur  pendakian Gunung Bromo juga melewati jalur wilayah Malang Raya terutama wilayah Kabupaten Malang. 

Gunung ini sudah terkenal angker dan mitos-mitos yang menyelimutinya. Gunung ini memiliki ketinggian 3339 Mdpl dan terletak bersebelahan dengan Gunung Welirang. 

Untuk mendaki Gunung Arjuno, ada beberapa jalur pendakian yang bisa di lewati adalah Jalur Purwosari, Lawang, Karangploso Kabupaten Malang dan Jalur Batu-Cangar-Jurang Kwali-Selecta Kota Batu.

Secara Administratif, gunung ini terletak di Kabupaten Malang dan Pasuruan. Jalur Lawang mempunyai jarak pendakian yang lebih pendek tetapi treknya lebih susah dan tidak ada sumber air. 

Jalur Purwosari memiliki jarak pendakian yang lebih panjang daripada jalur Lawang tetapi lebih pendek daripada Jalur Tretes.

5. Gunung Welirang

Gunung Welirang melalui jalur Jalur Batu-Cangar-Jurang Kwali-Selecta, Kota Batu. Pendakian gunung ini keberadaanya dan letaknya merupakan berdeketan dari Gunung Arjuno. (foto : google image)

Untuk mendaki di Gunung Welirang melalui jalur Batu-Cangar-Jurang Kwali-Selecta, Kota Batu. Pendakian gunung ini keberadaannya dan letaknya berdekatan dengan Gunung Arjuno. 

Gunung ini memiliki ketinggian 3156 Mdpl. Secara administratif, gunung ini terletak di Kota Batu, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan. 

Untuk jalur Batu-Cangar-Jurang Kwali-Selecta, Kota Batu lebih dekat daripada melewati jalur Tretes Pandaan dan Kabupaten Mojokerto.