Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Kembangkan Desa Wisata, Pemkot Batu Beri Papan Nama

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

24 - Jan - 2018, 10:01

Papan nama baru terpasang di pintu masuk Desa Wisata Kungkuk di Desa Punten, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Papan nama baru terpasang di pintu masuk Desa Wisata Kungkuk di Desa Punten, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Pengembangan desa wisata  terus diupayakan Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Batu agar wisatawan tertarik berkunjung. Dukungan pemkot salah satunya diwujudkan dengan adanya papan pengenalan desa wisata yang cukup besar dan menarik.

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

Seperti halnya di Desa Punten, Kecamatan Bumiaji. Di sana terdapat tiga papan pengenal untuk kampung wisata ini. Papan pengenal pertama terdapat di pintu masuk berdekatan dengan jalan raya bertuliskan 'Kampung Wisata Kungkuk'. Kemudian di pintu masuk tempat wisata dan di area outbound.

Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dispar Kota Batu Dhien Hisyam menjelaskan adanya papan pengenal itu saat ini baru terpasang di Kampung Wisata Kungkuk. Rencana untuk pengembangan kedepannya akan diberikan kepada seluruh desa wisata di Kota Batu.

"Hanya saja untuk tahun 2018 tidak ada pembangunan fisik. Sehingga masih dalam progres perencanaan. Bisa  diprogramkan kembali tahun mendatang," ungkap Dhien.

Ia menjelaskan pentingnya papan pengenal desa wisata itu untuk menarik wisatawan. Papan nama tersebut sekaligus menunjukkan Kota Batu sebagai daerah wisata.

Sementara itu,  Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Punten Cahyono Hadi mengatakan, pemasangan papan pengenal itu sudah ada sejak awal tahu lalu. Dia menilai adanya fasilitas yang diberikan oleh Pemkot Batu  itu membantu sarana promosi dan menunjukkan jika kawasan itu daerah wisata.

"Kalau ada tulisan yang bagus seperti itu, semakin menarik perhatian pengunjung juga. Supaya membuat penasaran," ujar Cahyono.

Cahyono menjelaskan, untuk saat ini Kampung Wisata Kungkuk menyediakan destinasi wisata petik mawar. Juga menawarkan edukasi budidaya jamur. Melalui destinasi wisata ini, pengunjung bisa mendapatkan pengetahuan tentang pembibitan jamur hingga jamur siap dipanen. Jamur yang disediakan pun bervariasi. Ada jamur tiram hingga jamur kuping.

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata dan Hiburan di Kota Batu Diperpanjang sampai 21 April

Kampung Wisata Kungkuk, selain menawarkan destinasi wisata alamnya yang asri, juga memberikan nuansa wisata budaya lokal yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Salah satu bentuk kebudayaan tersebut adalah tari Santar. Kemudian  memiliki beberapa macam kesenian tradisional. Salah satunya adalah kesenian tradisional kuda lumping atau biasa disebut kesenian jaranan. 

"Pengelola wisata tidak hanya menonjolkan dari sisi keindahan alamnya saja, tetapi juga dari aspek seni budaya," tambahnya. 

Salah satu produknya yang sering dipamerkan kepada para wisatawan adalah seni musik Bambu Gila. Selain itu destinasi yang ditonjolkan adalah wisata outbond yang siap mengguncang adrenalin pengunjung. 

Dimulai dengan jogging track di area perkampungan sambil menikmati keindahan sunrise, panorama pegunungan, dan hutan pinus, pengunjung kemudian diajak untuk mengikuti permainan seru. "Outbond dibagi menjadi dua kategori, yaitu dewasa dan anak-anak," ucap pria yang juga pengurus KONI Kota Batu ini.

Ia menambahkan, untuk kategori dewasa, outbond dilaksanakan di area hutan pinus. sedangkan anak-anak di area lapangan yang memiliki fasilitas terjamin. Perlengkapan outbond di Kungkuk ini berbeda dengan wahana wisata lainnya. Peralatan yang akan digunakan untuk outbond memiliki sistem bongkar pasang. (*)


Topik

Wisata pengembangan-Desa-Wisata Pemkot-Batu Dinas-Pariwisata Kota-Batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni