Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Berdayakan Korban PHK dan Pelajar Tidak Mampu, Disnaker Kabupaten Malang Intensifkan Pelatihan

Penulis : Nana - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

23 - Jan - 2018, 19:54

Pelatihan sebagai program pemberdayaan masyarakat terus diintensifkan oleh Disnaker Kabupaten Malang, khususnya bagi korban PHK dan pelajar tidak mampu. (for MalangTIMES)
Pelatihan sebagai program pemberdayaan masyarakat terus diintensifkan oleh Disnaker Kabupaten Malang, khususnya bagi korban PHK dan pelajar tidak mampu. (for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Hubungan industrial selalu membuka peluang adanya pemutusan kerja atau PHK. Terutama dalam kondisi-kondisi instabilitas perekonomian makro. Ditambah semakin kompetitifnya lapangan kerja,  membuat angka pengangguran tetap terbuka dan patut diwaspadai. Terutama di wilayah Kabupaten Malang khususnya. 

Dua segmen pencari kerja,  yaitu korban PHK dan para pelamar kerja baru yang didominasi kelulusan pelajar yang tidak meneruskan studi pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi, menjadi sangat rentan dengan kondisi tersebut. 

Baca Juga : Sehari 9 Korban Covid-19 di Surabaya Meninggal, Gubernur Minta Contoh Magetan Tekan Kasus

Bertolok dari hal tersebut,  Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang sebagai leading sector dalam ketenagakerjaan  tidak tinggal diam dalam menghadapi persoalan tersebut.  Melalui berbagai program kerja berupa penguatan kapasitas dan pelatihan  dua segmen masyarakat tersebut  terus dikuatkan. "Ini telah menjadi komitmen kita dalam mengurangi angka kemiskinan yang salah satu sumbernya adalah pengangguran. Khususnya untuk korban PHK dan pelajar tidak mampu, " kata Yoyok Wardoyo, kepala Disnaker Kabupaten Malang melalui Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja Kanti Ratnawati. 

Dua segmen yang disasar oleh Disnaker Kabupaten Malang didasarkan pada kebutuhan dan kondisi riil di lapangan. Misalnya,  untuk korban PHK,  Kanti menerangkan,  segmen ini telah memiliki kemampuan tetapi dengan semakin ketatnya persaingan kerja dimungkinkan skill-nya tidak tertampung. 

"Karena itu,  mereka harus berani keluar dari zonasi nyaman dulu dengan wirausaha atau menambah skill-nya dengan kemampuan lain.  Misal kemampuan berbahasa asing, " ujar Kanti. 

Pun dengan para pelajar SMK/SMA yang tidak melanjutkan jenjang pendidikannya dikarenakan keterbatasan dana. "Kami siapkan pengalaman dan mental mereka nanti dalam pelatihan. Sehingga diharapkan saat mereka melamar kerja sudah siap. Ini juga sudah memasuki waktu kelulusan sekolah," imbuh Kanti. 

Disnaker Kabupaten Malang tidak sendirian dalam melakukan pemberdayaan tersebut. Bekerja sama dengan 23 lembaga pelatihan kerja (LPK) swasta sebagai mitra kerja, pelatihan kepada dua segmen sasaran akan lebih difokuskan pada kebutuhan dan kemampuan  peserta.  

Secara teknis,  dalam pelatihan peningkatan kapasitas dan skill tersebut,  Disnaker telah mengimbau kepada setiap kecamatan  untuk mengirim beberapa peserta kepada lembaga tersebut selama kuota masih ada. Adanya kuota peserta guna menyeimbangkan fasilitas yang ada seperti alat,  tempat,  dan lain-lain. "Tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya akan berkembang dan bisa menambah kuota peserta pelatihan," ucap Kanti.

Baca Juga : Pasien Positif Covid-19 Meningkat, Polres Malang Ancam Warga yang Tolak Pemakamannya

 Disinggung mengenai anggaran dalam pelatihan yang direncanakan selama tiga hari,  Sekretaris Disnaker Kabupaten Malang Eko Darmawan  mengatakan,  anggaran diambil dari DPHCHT (dana bagi hasil cukai dan tembakau) serta APBD. 

Kanti menambahkan,  dengan adanya pelatihan yang melibatkan LPK ternyata disambut antusias oleh masyarakat. "Sangat antusias,  ini juga dikarenakan hasil pelatihan terbukti bisa menjawab kebutuhan mereka, " ujarnya sambil memberikan contoh beberapa peserta yang diterima di beberapa perusahaan khusus untuk pemandu wisata. "Mereka waktu pelatihan mengambil bahasa Inggris, " lanjutnya. 

Untuk warga yang dilatih seperti para korban PHK yang berniat berwirausaha,  Disnaker juga telah bersinergi dengan Bank Jatim untuk permodalan. (*)  


Topik

Peristiwa pemberdayaan-Korban-PHK-dan-Pelajar-Tidak-Mampu dinas-tenaga-kerja-kabupaten-malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nana

Editor

Sri Kurnia Mahiruni