Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Ingin Nikmati Sunset nan Elok? Dua Pantai Eksotis di Malang Masuk Favorit

Penulis : Hezza Sukmasita - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

22 - Jan - 2018, 08:10

Sunset Pantai Parangtritis. (Foto: Google Image)
Sunset Pantai Parangtritis. (Foto: Google Image)

MALANGTIMES - Apa yang pecinta keindahan cari ketika menikmati panorama pagi atau sore? Biasanya munculnya matahari (sunrise) dan tenggelamnya sang raja siang itu (sunset) menjadi favorit. Terutama ketika berada di pantai atau pegunungan yang menyajikan pandangan luas ke arah timur atau barat.

Bicara soal sunset, pantai kerap menjadi tenpat favorit untuk menikmatinya karena matahari seperti tergelincir ditelan air laut. Indonesia sebagai negara maritim memiliki ribuan pantai yang elok. Namun, tidak semuanya bagus untuk menikmati fenomena matahari tenggelam. Berikut MalangTIMES mencoba menyajikan pantai-pantai di Indonesia yang menjadi favorit wisatawan untuk menikmati sunset.

1. Tanah Lot, Bali

Eksotisme sunset Tanah Lot Bali (Foto: Google Image)

Keindahan Tanah Lot yang terletak di Tabanan, Bali, tentu bukan rahasia umum lagi. Di pantai yang identik dengan pura di atas baru karang besar in,i Anda bisa menikmati indahnya sunset. Di sore hari sekitar pukul 18.30 WITA, pengunjung dapat menonton pementasan tari Kecak dengan membayar sesuai tarif yang dikenakan. Pastinya akan menjadi pengalaman menarik untuk menyaksikan tari Kecak dengan latar belakang matahari terbenam.

2. Pulau Derawan, Kalimantan Utara

Sunset di Pulau Derawan. ( Foto: Google Image)

Pulau yang terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Utara (provinsi baru pecahan dari Kalimantan Timur) ini dikenal turis lewat keindahan alam bawah lautnya. Terdapat ragam aneka biota laut di bawah air laut jernihnya. Menjelang sore hari, Anda akan disuguhi pemandangan cantik dari sang matahari terbenam. Spot paling cocok untuk menikmati sunset Derawan adalah di tepi dermaga Derawan Fisheries, langsung menghadap ke laut lepas. Dermaga kayu yang berdiri di tengah perairan Derawan bisa menjadi objek foto menarik dengan latar sang surya turun kembali ke peraduan.

3. Gili Trawangan, Lombok

Sunset Gili Trawangan. (Foto: Google Image)

Gili Trawangan juga menjadi spot favorit pasangan-pasangan untuk menikmati sunset. Pasir putih dan air laut yang tak begitu berdebur bagai cermin yang memantulkan jingga mentari yang akan terbenam. Biasanya pasangan-pasangan yang sedang menikmati bulan madu akan berburu sunset di sini.

4. Pantai Losari, Makassar

Sunset Pantai Losari (Foto: Google Image)

Pantai Losari ramai dikunjungi oleh turis dari pagi, siang, hingga malam hari. Namun untuk waktu yang paling asyik, senja menjadi paling pas untuk bersantai di Pantai Losari. Menjelang sunset, pantai ini semakin padat dengan orang-orang yang sudah duduk di pinggir pantai menunggu sang mentari kembali ke peraduannya. 

5. Pantai Parangtritis, Jogjakarta

Sunset Pantai Parangtritis. (Foto: Google Image)

Parangtritis merupakan salah satu pantai paling populer di Jogjakarta. Yang menjadi daya tarik di pantai ini adalah pemandangan sunset yang begitu dikagumi wisatawan.

6. Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat

Eksotisme sunset Pulau Moyo. (Foto: Google Image)

Pulau Moyo di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, terkenal memiliki pantai yang bersih dengan air yang jernih serta ombak yang tenang. Dengan segala keeksotisan yang dimiliki ini maka tak heran jika pantai di pulau ini menjadi salah satu tempat berburu sunset favorit. Matahari terbenam di pantai Pulau Moyo juara dan menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

7. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Sunset Labuan Bajo. (Foto: Google Image)

Labuan Bajo memang merupakan salah satu lokasi yang berkembang di NTT. Di sana juga ada salah satu spot untuk menikmati sunset terindah di Indonesia yaitu di dekat Pelabuhan Labuan Bajo. Dari sana bisa didapati pemandangan sunset terindah yang menawan. Wisatawan bisa menikmati suasana senja dan pemandangan beberapa pulau kecil serta perahu yang lalu lalang dari kafe tersebut.

8. Ngeliyep, Malang

Sunset Pantai Ngliyep

Pantai dengan dikelilingi bukit-bukit hijau ini begitu elok. Ditambah dengan panorama Gunung Kombang menjadikan pantai yang terletak di Desa Kedungsalam, Donomulyo, kabupaten Malang, ini semakin memesona. Di sini juga terkenal sebagai spot menikmati sunset elok. Lantunan debur ombak semakin menambah syahdu suasana sore hari di Pantai Ngliyep.

9. Balekambang, Malang

Sunset Pantai Balekambang yg jingga keemasan. (Foto: Google Image)

Masyarakat mengenal Balekambang sebagai Tanah Lot-nya Malang. Di sini juga ada banyak spot untuk menikmati sunset yang tak kalah eksotis dengan Tanah Lot Bali. Pantai yang terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, ini pemandangannya semakin spektakuler ketika sang surya mulai tenggelam. Sebab, langit senja yang kuning mampu menjadi siluet di balik pura bak Tanah Lot Bali. (*)


Topik

Wisata wisata-malang wisata-pantai-malang kabupaten-malang sunset-pantai-malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hezza Sukmasita

Editor

Sri Kurnia Mahiruni