Salah satu sungai di Kedung Darmo Bantur. Secuil surga tersembunyi yang menyuguhkan keindahan alam. (Istimewa)
Salah satu sungai di Kedung Darmo Bantur. Secuil surga tersembunyi yang menyuguhkan keindahan alam. (Istimewa)

MALANGTIMES - Selalu ada yang tersembunyi di Kabupaten Malang dalam persoalan keindahan alam. Luasnya wilayah dengan tipografi perbukitan,  gunung, dan pesisir laut membuat beragam panorama alam berserak di wilayah yang dipimpin Bupati Dr H Rendra Kresna ini. 

Belum habis mengeksplor satu keindahan,  lahir lagi keindahan dengan paras berbeda.  Seperti yang ada di Desa Srigonco,  Kecamatan Bantur, dengan Kedung Darmo-nya. Kedung Darmo yang menyimpan replikasi surga dengan keadaannya yang sangat menawan. 

Baca Juga : Bak Surga Bagi Penggemarnya, Bazar Durian dan Bibit Pohon Jombok Hadirkan 3.000 Durian

Bagaimana tidak. Kedung Darmo kalau dilihat dari atas bukit serupa lukisan hasil para maestro dunia. Hijaunya hutan dengan aliran sungai jernih yang membelahnya serupa irisan kecil dari hikayat taman surga yang pernah dihuni Nabi Adam dan Ibu Hawa. Alir air di Kedung Darmo di percantik dengan struktur tanah yang bertingkat sehingga menciptakan jeram serupa air terjun yang tertampung di kolam-kolam dengan air berwarna hijau toska. Sempurna bagi yang mencari ketenangan dengan pemandangan surga yang masih perawan.

Kedung Darmo Bantur di lihat dari atas bukit (Istimewa)

Konon, kedung yang berarti sebuah kolam yang memiliki kedalaman air sangat dalam ini, menurut beberapa warga sekitar, diambil dari nama seorang penduduk yang memiliki sawah di sekitar kedung. Untuk pengairan sawahnya, penduduk tersebut mengambil air dari kedung yang sangat berlimpah sampai kini itu.

Mencapai surga tersembunyi di wilayah Bantur ini memang terbilang berat. Hal ini dikarenakan Kedung Darmo bukanlah lokasi wisata sampai saat ini. Jangan bayangkan Anda menemukan papan petunjuk, seperti di berbagai wilayah wisata yang juga ada di Bantur. Petunjuk untuk sampai ke surga tersembunyi ini adalah bertanya kepada warga sekitar.

Tapi bagi Anda para petualang sejati, untuk menuju Kedung Darmo dari arah Kota Malang, bisa melaju ke Kecamatan Bantur melewati Gadang-Bululawang-Krebet-Gondanglegi-Wonokerto- Bantur. Ancar-ancar saat Anda sudah berada di Pasar Bantur adalah melanjutkannya sampai menemukan SMPN 1 Bantur. Di sekitar tersebut Anda lurus kembali hingga menemukan pertigaan dengan papan petunjuk arah Wonokerto.

Keindahan Kedung Darmo Bantur (Istimewa)​

Baca Juga : Kerennya Vlog dan Foto Pemenang Lomba Desa Wisata Gubugklakah Balitbangda Kabupaten Malang

Belokkan kendaraan Anda hingga melewati GKJW Wonorejo. Anda sudah dalam trek yang benar dan bisa terus melajukan kendaraan di jalan aspal satu-satunya itu. Saat sampai di Dusun Baran, lurus sampai jalan aspal habis. Titipkan kendaraan Anda di rumah terakhir karena medan sudah tidak bisa dilalui kendaraan. Berjalan kaki menuju Kedung Darmo. Jalur tracking yang cukup melelahkan akan terbayar lunas saat Anda sampai di Kedung Darmo. Surga tersembunyi itu akan menjadi milik anda.

Tapi, jangan tergoda dengan segarnya air kolam di sekitar. Pasalnya, Kedung Darmo merupakan kolam dengan kedalaman sangat dalam. Pengunjung hanya bisa berenang di tepian sungai dengan latar air terjun bertingkat. (*)