Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Dapat Kunjungan Pemprov Jatim, Begini Nasib Kawasan Ekonomi Khusus Singosari

Penulis : Imam Syafii - Editor : Lazuardi Firdaus

18 - Jan - 2018, 18:30

Kepala DPMPTSP Provinsi Jawa Timur, Lili Soleh Wartadipraja usai melaporkan peninjauan lokasi KEK Singosari kepada Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna di Rumah Kopi Amstirdam. (foto: Imam Syafii/ MalangTIMES)
Kepala DPMPTSP Provinsi Jawa Timur, Lili Soleh Wartadipraja usai melaporkan peninjauan lokasi KEK Singosari kepada Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna di Rumah Kopi Amstirdam. (foto: Imam Syafii/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Wilayah Singosari Kabupaten Malang yang bakal dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) akan segera ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Baca Juga : Menghilang, Satu Pendaki Gunung Panderman Ditemukan Tewas, Saksi Sebut Seperti Kesurupan

Buktinya, tim dari Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Timur melakukan peninjauan lokasi didampingi dengan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Malang yaitu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang dan pihak investor dari PT Intelegensia Graha Tama untuk tahap pematangan KEK tersebut.

Usai melakukan peninjauan di wilayah Singosari, rombongan menuju Rumah Kopi Amstirdam yang berada di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jalan Agus Salim No.7, Malang untuk melaporkan peninjauannya kepada Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna.

Suasana pertemuan di ruangan tersebut terlihat hangat, mereka membahas tentang pelaporan dan perencanaan penetapan KEK Singosari ke pemerintah pusat.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Timur, Lili Soleh Wartadipraja mengatakan maksud kedatangan tim DPMPTSP Provinsi Jatim ini dalam rangka mempersiapkan wilayah Singosari menjadi KEK pariwisata seluas 300 hektare yang segera ditetapkan dengan tembusan laporan ke pemerintah pusat.

"Sekarang masih persiapan, pertama KEK Singosari ini kami minta ke pemerintah pusat untuk ditetapkan sebagai KEK," kata Lili usai melakukan koordinasi bersama Pemerintah Kabupaten Malang yang juga dihadiri langsung Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna.

Sebab suatu daerah yang akan dijadikan KEK,salah satunya di wilayah Singosari ini yang memiliki kewenangan penetapan adalah pemerintah pusat, atas usulan dari pihak swasata ataupun dari pemerintah daerah itu sendiri.

Baca Juga : Bantuan Dana Dampak Covid-19 Bagi Sopir di Kabupaten Malang Segera Cair

"Kalau nanti sudah ada penertapan dari pemerintah pusat, nanti kami akan segera mengisi KEK mulai dari bangunan fisik maupum SDM masyarakatnya," katanya.

Menurutnya terkait lahan seluas 300 hektare itu tidak dipermasalahkan sebab pemilik lahan sudah menyepakati untuk dijadikan KEK. Menurutnya progres sekarang KEK ini sudah mendapat persetujuan dari Gubernur Jatim, Soekarwo yang nanti akan dinaikkan ke Menteria  Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution sebagai Ketua Dewan Nasional KEK.

"Minggu depan kami akan diskusikan ini dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, mudah-mudahan satu bulan setelah itu KEK Singosari segera ditentukan nasibnya," harapnya.

Disinggung potensi apa yang dimiliki wilayah Singosari sehingga dijadikan KEK, Lili mengatakan bahwa di wilayah Singosari terdapat beragam potensi kepariwisataan, seperti herritage dan budaya ada Kerajaan Singosari dan Kerajaan Mojopahit yang saling berkaitan.

"Jadi di wilayah KEK Singosari itu seperti di Gunung Arjuno terdapat 169 situs Kerajaan Majapahit, kami juga akan mengaitkan budaya Singosari dan Majapahit yang akan menjadi ciri khas tersendiri," ujarnya.


Topik

Peristiwa Pemprov-Jatim Kawasan-Ekonomi-Khusus-Singosari Kabupaten-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imam Syafii

Editor

Lazuardi Firdaus