Semeru Semburkan Awan Panas Sejauh 1,5 Kilometer

Jan 07, 2018 12:59
Awan panas guguran Gunung Semeru meluncur sejauh 1,5 kilometer.
Awan panas guguran Gunung Semeru meluncur sejauh 1,5 kilometer.

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang mengeluarkan awan panas guguran, Minggu (07/01) pagi. 

Berdasarkan informasi yang didapat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang dari pos pengamatan Gunung Semeru, gunung tertinggi di pulau Jawa itu mengeluarkan awan panas yang meluncur sejauh 1,5 kilometer dari puncak gunung.

Baca Juga : Sesuai Hadis, Insya Allah Covid-19 Berakhir Mei, Awal Musim Panas

"Status Gunung Semeru saat ini masih level II waspada," ujar Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi S.

Gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) itu telah mengeluarkan awan panas guguran sebanyak satu kali dengan amplitudo 20 milimeter dan durasi 819 detik. "Posisi luncuran awan panas guguran ini berasal dari tumpukan material lava yang berada satu kilometer dari puncak Semeru. Sementara jarak luncuran dari titik guguran sekitar 1,5 kilometer yang mengarah ke besuk bang dan besuk kembar," kata Wawan.

Laporan dari pos pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur, saat ini Semeru mengeluarkan 71 kali letusan, guguran sebanyak 15 kali, embusan 9 kali. Juga gempa vulkanik satu kali.

Baca Juga : Enam Gunung Erupsi Nyaris Bersamaan karena Cari Kestabilan Baru

"Para penambang harus berhati-hati saat hujan turun di puncak Gunung Semeru. Sebab, bisa menyebabkan lahan hujan yang membawa material  sehingga membahayakan para penambang," ucap Wawan. (*)

Topik
lumajangBerita LumajangSemeru Semburkan Awan panasBPBD Lumajang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru