Tempat sampah bahan stainlesss tersebar di Balai Kota Among Tani. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Tempat sampah bahan stainlesss tersebar di Balai Kota Among Tani. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Sebanyak 75 unit tempat sampah baru disebar di berbagai jalan protokol di Kota Batu. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu memilih tempat sampah baru itu dibuat sekaligus untuk mempermudah pemilahan sampah.

Baca Juga : Selamat !! Satu Pasien Positif Corona di Lumajang Dinyatakan Sembuh

Tempat sampah ini terbuat dari bahan stainlesss. Satu tempat berisi tiga kotak sampah dengan penggunaan berbeda-beda yakni untuk sampah organik, non organik dan daur ulang. Yang sudah terpasang terlihat di seputar Alun-Alun Kota Batu dan Balai Kota Among Tani. 

Misalnya untuk kotak organik ialah sampah yang bisa dibuang seperti sisa makanan, daun, tulang dan sebagainya. Lalu untuk kotak non organik, seperti sampah plastik, botol, karet dan sebagainya. Sampah daur ulang seperti kertas, styrofoam, kardus dan sebagainya.

Karena itu, warga dan wisatawan yang akan membuang sampah harus bisa membedakan tiga kategori sampah tersebut.

Dengan konsep tempat sampah tersebut pemilahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo akan terbantu.

Adanya tempat sampah ini juga sebagai upaya membiasakan masyarakat dalam hal pemilahan sampah. Sekaligus jadi sarana edukasi masyarakat.

Kepala DLH Kota Batu Arief As Siddiq menjelaskan pada tahun 2017 ini pengadaan tempat sampah sudah dilakukan melalui Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) sebesar Rp 200 juta. Anggaran sebesar itu digunakan untuk membeli 75 unit tempat sampah dengan kualitas terbaik.

Baca Juga : 10 Daerah Resmi Dapat Persetujuan Terapkan PSBB

“Memang program ini sengaja diadakan sebagai salah satu cara agar bisa meraih Piala Aadipura tahun 2018,” ungkap Arief. 

Menurutnya selain 75 unit tempat sampah itu tahun 2018, salah satu program prioritasnya adalah menambah 5 ribu unit tempat sampah.

“Itu kami rencanakan tahun ini. Program prioritas ini menyempurnakan sarana dan prasarana Adipura, Adiwiyata untuk mendukung kota sehat," imbunya.

Ia menambahkan 5 ribu tempat sampah ini nanti akan ditempatkan di seluruh sudut Kota Batu. “Tambahan 5 ribu tempat sampah ini nantinya akan kami letakkan di area titik pantau,” tutupnya.