Rumah Pensiuan TNI di Muharto Roboh, Material Hancurkan Empat Rumah di Bawahnya

Dec 25, 2017 12:54
Rumah warga hancur tertimpa material robohan rumah di atasnya (Foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Rumah warga hancur tertimpa material robohan rumah di atasnya (Foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pagi tadi, sekitar pukul 08.00 wib, lima rumah milik warga yang berada di kawasan pinggiran sungai di Jalan Muharto Gg. 5/C RT.08 RW.09 Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang roboh.

Semua berawal dari rumah salah seorang warga bernama Setu alias Joni (Purn TNI-AD) dimana letak rumahnya di atas empat rumah warga lainnya. Karena intensitas hujan yang tinggi, tembok rumahnya mengalami keretakan sejak 10 hari yang lalu.

Baca Juga : Viral Surat Stafsus Jokowi untuk Camat, Dicoreti Bak Skripsi hingga Berujung Minta Maaf

Karena ditakutkan akan bisa menimbulkan korban jiwa, keluarganya diinstruksikan untuk mengungsi oleh anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). 

"Apalagi ketegakan penahan pondasi rumah sekitar 90 derajat, ditambah tembok yang retak terkikis hujan, makanya bisa roboh seperti ini," jelas Kabid Reaksi dan Rehabilitasi BPBD Kota Malang Heru Prijantono, Senin (25/12/2017).

Karena keretakan tembok yang semakin parah, akhirnya tembok tak kuat menopang beban rumah sampai akhirnya roboh dan menimpa beberapa rumah warga yakni, rumah Paidi, rumah Sumiati, Boini dan rumah Juli yang berada di samping dan bawahnya.

Namun beruntung, saat pagi tadi roboh, kondisi rumah sudah dalam keadaan kosong sehingga tak menimbulkan korban jiwa. Meskipun begitu material-material robohan rumah menimpa empat rumah warga dan bahkan beberapa juga menghancurkan bangunan tembok rumah di bawahnya.

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

"Sebenarnya dari tim BPBD beberapa hari yang lalu sudah sempat merencanakan pembongkaran rumah tersebut. Namun karena dirasa bahaya, kondisi bangunan sudah labil, maka kami membatalkan rencana pembongkaran," bebernya.

Pantauan MalangTIMES di lokasi, pihak BPBD sedang berupaya untuk membersihkan puing-puing bangunan yang bisa membahayakan warga sekitar. Akibat kerusakan parah ini, ditaksir total kerugian mencapai Rp 350 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
berita malang rumah roboh di malangrumah Kota Malang roboh

Berita Lainnya

Berita

Terbaru