Insiden Tolikara

Kang Said: Wong NU Jangan Mudah Terprovokasi

Jul 28, 2015 02:33
Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj (tengah) bersama Gus Mujib Sadzili (kanan). (Foto: rully/malangtimes)
Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj (tengah) bersama Gus Mujib Sadzili (kanan). (Foto: rully/malangtimes)

MALANGTIMES – Insiden Tolikara yang terjadi beberapa waktu lalu mendapat perhatian serius dari Ketua Umum Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) KH Said Aqil Siraj. Menurutnya, insiden itu telah disusupi campur tangan asing, dan bukan konflik antar agama.

Baca Juga : 10 Daerah Resmi Dapat Persetujuan Terapkan PSBB

Karena itu, ia minta seluruh tokoh agama untuk tenang dan tidak memperkeruh suasana. Pria kelahiran 3 Juli 1953 itu juga menyerukan pada seluruh kader NU tidak terpancing emosi dan tetap membantu pemerintah menjaga persatuan negara Republik Indonesia.

"Kami menyerukan pada seluruh kader NU untuk tetap kondusif, tidak terpengaruh dengan kegiatan radikalisme. Namun harus tenang dan bisa meneduhkan Indonesia," ujar Kang Said, sapaan akrabnya, kepada MALANGTIMES (Times Indonesia Network) di PP Sabilurrasyad, Gasek, Malang, beberapa waktu lalu.

NU memiliki akhlak mulia, yang mampu menjaga toleransi antar umat beragama, berbeda dengan gerakan yang selalu menyuarakan provokasi dan menebar teror. NU menjunjung Ukhuwah Wathoniyah, menghargai toleransi dan bermartabat, Ia pun menjamin, tidak ada satupun kader NU yang terlibat gerakan radikalisme.

"Saya jamin seratus persen, tidak ada satu pun kader NU yang terlibat gerakan radikal, kami menghargai toleransi antar umat beragama," ujar pria lulusan S3 University of Umm al-Qura, Filsafat Islam ini.

Baca Juga : Viral! Mobil Jenazah Terjebak Lumpur Usai Pemakaman Pasien Covid-19

Ia pun berharap, seluruh komponen umat Islam dapat menghargai keberagaman dan mampu menghargai toleransi, sehingga Indonesia dapat hidup dengan damai, teduh dan bermartabat.

"Toleransi antar umat beragama itu penting untuk diaplikasikan, jangan hanya wacana saja," pungkas Penasehat Gerakan Anti Diskriminasi Indonesia ini. (*)

Topik
Said Aqil SiradjPP SabilurrasyadInsiden Tolikara
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru