Sukses, Polres Batu Ungkap 37 Kasus Operasi Sikat II Semeru 2017

Selama Operasi Sikat II Semeru 2017 yang berlangsung sejak 11-20 Desember Polres Batu berhasil ungkap 37 kasus di enam kecamatan. Yakni Batu, Bumiaji, Junrejo, Pujon, Ngantang dan Kasembon. Dengan demikian Polres Batu mampu menyelesaikan dari target yang telah ditetapkan. 

“Selama operasi sikat I semeru 2017 itu kami mengungkap 6 kasus. Kemudian target kami selama operasi Sikat II ini hanya 5 kasus. Sehingga target kami tercapai,“ ungkap Waka Polres Batu, Kompol Nurmala.

Ia menjelaskan dalam Operasi Sikat II tahun 2017 ini mulanya hanya 5 kasus yang ditargetkan. Namun pihak Polres Batu berhasil mengungkap 32 kasus atau di luar target tersebut.

“Jadi total 37 kasus ini, 32 kasus di luar target kami. Kami berhasil mengungkap kasus dari hasil laporan masyarakat dan sebagainya, kemudian kami dalami,” katanya saat di ruang Rupatama, Polres Batu.

Sejumlah 37 kasus itu antara lain 5 kasus pencurian dengan pemberatan (curat), 1 kasus pencurian dengan kekerasan (curas), 4 kasus narkoba, 3 kasus premanisme, 3 kasus minuman keras, dan 19 kasus razia preman.

Sedangkan 5 target itu yakni 1 kasus narkoba, 2 kasus premanisme dan 2 minuman keras (miras). Hanya saja sejumlah 19 kasus razia premanisme itu hanya diberikan bimbingan agar tidak membuat resah masyarakat sekitar dan mengganggu kenyamanan wisatawan.

“Prosfesi preman ini macem-macem mulai dari juru parkir, pengamen, yang memang membuat resah. Memang tidak kami tahan hanya kami beri pembinaan dan mereka berjanji untuk tidak mengulangi lagi,” imbuhnya.

Ya dalam Operasi Sikat II Semeru 2017 ini terdapat 12 tersangka. Dengan barang bukti (BB) yang sudah diamankan, 1 buah televisi LED 32 inci, 3 laptop, 1 sepray, 4 handphone, narkoba jenis sabu dan pil dobel L.

Meningkatnya kasus narkoba dan pil dobel L, Nurmala mengimbau kepada masyarakat agar semakin waspada terhadap maraknya peredaran narkoba agar menjaga dalam pergaulan supaya tidak salah dalam bergaul dan tidak menjadi korban. Kemudian terkait pencurian agar masyarakat lebih waspada dalam menjaga harta bendanya.

“Secara umum kita sedang darurat narkoba termasuk Kota Batu. Karena itu kami gencar terus melakukan operasi,” tutupnya.

Top