KOTA BATU - Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu terpilih 2017-2022 Dewanti Rumpoko-Punjul Santoso bakal dilantik Rabu (27/12/2017) pagi di Gedung Grahadi, Surabaya. Tidak muluk-muluk, pelantikan ini bakal berlangsung dengan sederhana tanpa arak-arakan dan sebagainya.

"Kebetulan Ibu (Dewanti) tidak mau yang meriah dalam pelantikan ini. Maunya yang sederhana saja bersama masyarakat," kata Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Batu Punjul Santoso, Jumat (22/12/2017).

Usai dilantik, rencananya pasangan wali kota dan wakil wali kota itu akan melakukan sujud syukur di Masjid An-Nur di Alun-Alun Kota Batu. Dilanjutkan dengan tasyakuran yang berlangsung Rabu malam. 

Pemkot memeprsilakan seluruh warga Kota Batu untuk menghadiri malam tasyakuran tersebut. Tak pandang status masyarakat, mulai pedagang kaki lima (PKL), seniman, petani dan sebagainya diundang. "Kurang lebih kami mengundang 4 ribu orang. Itu seluruh kalangan masyarakat. Jadi, bagi yang mau datang langsung saja datang ke Balai Kota Among Tani," imbuhnya saat ditemui di Balai Kota Among Tani.

Menurut Punjul, dengan adanya tasyakuran ini, semuanya bersama-sama berdoa agar kepemimpinan Dewanti dan Punjul nanti bisa berjalan dengan lancar untuk memajukan Kota Batu lebih baik lagi. 

Punjul menambahkan sebenarnya memang akan diadakan arak-arakan sebagai wali kota dan wakil wali kota terpilih. Rencananya, arak-adakan akan dilaksanakan mulai Desa Pendem, Kecamatan Junrejo hingga Balai Kota Among Tani. Tetapi rencana itu ditiadakan karena keinginan Dewanti.  

Pihaknya berharap dalam kegiatan itu, masyarakat bisa berbaur dan lebih bisa saling mengenal. "Kami berangkat dari Kota Batu 26 Desember, melakukan gladiresik di Gedung Grahadi," tambah politis PDI Perjuangan ini.

Sementara itu, Ketua Paguyuban PKL di Alun-Alun Batu Puspita Herdisari berharap kepemimpinan wali kota terpilih ini nanti bisa membawa dampak positif dan membawa perubahan positif untuk Kota Batu. Terlebih bagi PKL yang berjualan di alun-alun.

"Kami berharapnya, dengan kepemimpinan yang baru, kesejahteraan masyarakat, khususnya kami PKL, bisa semakin terbantu. Dan bisa mendengarkan curhatan hati," ujar Puspita.

Menurut dia, Wali Kota Batu Eddy Rumpoko sudah memberikan dampak yang cukup signifikan bagi para PKL alun-alun. (*)