MALANGTIMES - Lama tak terdengar kabar, Hutomo Mandala Putra atau lebih dikenal dengan nama Tommy Soeharto bertandang ke Malang pada Sabtu (16/12/2017).

Putra Presiden RI ke-2 Soeharto itu mengunjungi Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh di Jalan Raya Joyo Agung Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Ada apa gerangan? 

Kedatangan Tommy atas prakarsa pengusaha Ir H Ghufron Marzuqi. Ghufron dan Tommy ternyata lama berteman. Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh asuhan Alm KH Luqman Al Karim juga tak asing lagi bagi Tommy. Ia ternyata beberapa kali sering mengunjungi kiai kharismatik yang wafat pada 8 September silam itu. 

Diantar oleh Ghufron, Tommy berziarah ke makam. Mengenakan setelan kemeja batik dan kopyah warna hitam, Tommy berdoa dengan khusyuk di depan makam. Suasana haru nampak saat ia berbincang dengan kakak alm KH Luqman Al Karim, Mohammad Bisri. Keduanya tampak berbincang sejenak sebelum beranjak pergi dari makam. 


Tommy Soeharto berbincang dengan kakak alm KH Luqman Al Karim, Mohammad Bisri (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

Perbincangan keduanya pun berlanjut saat berada di ruang kerja KH Luqman Al Karim. Kiai kharismatik yang akrab disapa Gus Luqman itu, di mata Bisri, adalah sosok adik yang baik.

Rektor Universitas Brawijaya itu mengisahkan sejak kecil Gus Luqman selalu mengikuti kemana Bisri pergi. Dan bahkan keinginan untuk menjadi pengasuh Ponpes Bahrul Maghfiroh sempat buat Bisri tak percaya. 

"Dulu awal pondok ini saya dan Abah yang mulai bangun. Gus Luqman dulu kemana-mana ikut saya. Trus tiba-tiba dia bilang mau keluar jadi PNS dan mau asuh pondok. Saya awalnya bilang nanti mau makan apa kamu. Tapi Gus Luqman yakinkan saya. Akhirnya ya itu pondok ini dulu jelek sekali, sekarang bisa bagus seperti ini. Adik saya itu sepanjang hidupnya puasa terus. Baru-baru aja waktu sakit dia akhirnya enggak puasa," kisah Bisri di hadapan Tommy. 

Kunjungan Tommy bukan saja berziarah ke makan KH Luqman Al Karim. Pada kesempatan itu pula, dia menengok tempat rehabilitasi narkoba yang ada di areal ponpes. Di sana pula dia bertemu dengan ayah kandung artis Marshanda. Tommy sempat kaget. Apa yang sebenarnya terjadi? Simak pada ulasan selanjutnya hanya di MalangTIMES. (*)