Peringatan Hari Kesetiakawanan Nasional, Dinsos Gelontor 935 Bantuan Sosial Bagi Masyarakat Kabupaten Malang

Dec 14, 2017 17:49
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Malang, Sri Wahyu Pudji Lestari. (foto: Imam Syafii/ MalangTIMES)
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Malang, Sri Wahyu Pudji Lestari. (foto: Imam Syafii/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Menjelang puncak Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang jatuh pada Senin, 18 Desember 2017 nanti, beragam kegiatan bakal dihelat Dinas Sosial Kabupaten Malang.

Baca Juga : Musim Melaut, Para Nelayan yang Berlabuh di Kabupaten Malang Bakal Disemprot Antiseptik

Salah satunya di wilayah Kabupaten Malang, dalam hal ini melalui leading sector Dinas Sosial bahwa ada beberapa rangkaian kegiatan sosial mulai dari pemberian bantuan sosial yang mencapai 935 item, pemeriksaan cek kesehatan secara gratis hingga bakti sosial lainnya.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Malang, Sri Wahyu Pudji Lestari. Ia menyampaikan Pemerintah Kabupaten Malang menggelar peringatan HKSN 2017 pada pekan depan, tepatnya Senin (18/12/2017) di Pendopo Agung Kabupaten, Jalan Agus Salim, No.7, Malang.

"Jadi rangkaian kegiatan HKSN ini rencananya ada pemberian bantuan sosial berupa cek kesehatan gratis, permakanam, alat bagi disabilitas, penyandang cacat hingga bantuan sosial lainnya terutama bagi kalangan anak dan pelajar," kata perempuan yang akrab disapa Yayuk kepada MalangTIMES, Kamis (14/12/2017) sore.

Untuk rangkaian kegiatan pemberian bantuan sosial, Yayuk merinci bantuan yang diberikan kepada kaum disabilitas dan para penerima bantuan bagi warga miskin di Kabupaten Malang sekitar 935 item. Yayuk mencatat bantuan itu diantaranya 40 unit alat bantu dengar, 125 kursi roda, 145 tongkat kruk, 120 tongkat bagi penyandang tuna netra.

Kemudian, bantuan sebanyak 125 unit alat bantu jalan berupa tongkat kaki tiga, 40 unit mesin jahit bagi orang dengan kecacatan, dan 350 bantuan permakanam seperti sembako.

Baca Juga : Draft Sudah Final, Besok Pemkot Malang Ajukan PSBB

Selain acara peringatan HKSN diisi dengan pemberian bantuan sosial, Dinas Sosial Kabupaten Malang juga melaksanakan penyerahan hak sipil (akta nikah dan akta lahir). Lalu, untuk pemeriksaan kesehatan gratis tempatnya akan dilaksanakan di Islamic Centre Kepanjen.

"Kami berharap melalui peringatan HKSN 2017 ini, mampu mengentaskan angka kemiskinan masyarakat di Kabupaten Malang, sesuai dengam visi dan misi program prioritas Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna yang Madep, Manteb dan Manetep," pungkasnya.

Disamping itu pada Selasa (8/12/2017) lalu, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa melepas Tim Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial di halaman pendopo Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pelepasan itu merupakan bagian dari dimulainya Bulan Bakti Kesetiakawanan Sosial sebagai penanda dimulainya rangkaian Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN).

HKSN 2017 terbagi dalam 7 etape di 10 titik kabupaten/kota di Jawa Timur. 10 titik tersebut adalah Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Malang, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Blitar, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Bangkalan dan berakhir di Kota Surabaya.

Topik
Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial NasionalKementerian Sosial RIbantuan sosialDinsos Kabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru