Hasil tangkapan ikan tuna Kabupaten Malang bakal dijadikan beragam olahan makanandi Parade Chef 2017 di Pantai Nganteb. (foto : Istimewa)
Hasil tangkapan ikan tuna Kabupaten Malang bakal dijadikan beragam olahan makanandi Parade Chef 2017 di Pantai Nganteb. (foto : Istimewa)

MALANGTIMES – Dua hari lagi, tepatnya  3 Desember, ada satu kegiatan yang dinanti-nanti masyarakat Kabupaten Malang. Yaitu Parade Chef.

Acara yang diselenggarakan Dinas Perikanan Kabupaten Malang  ini menyiapkan 150 kilogram ikan tuna yang bakal disulap menjadi beragam jenis olahan makanan di Pantai Nganteb.

Event dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-1257 Kabupaten Malang ini bakal menghadirkan para chef andal dan chef dari kalangan pelajar. Mereka akan mengkreasi tuna menjadi makanan yang lezat dan bergizi.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang Endang Retnowati mengatakan, event Parade Chef digelar di bibir pantai Malang Selatan yang memiliki keindahan alam menawan dan pasirnya bersih. "Acara digelar di pantai, selain mengampanyekan Gerakan Makan Ikan (Gemarikan) kepada masyarakat, juga mempromosikan wisata pantai Kabupaten Malang," kata perempuan yang akrab disapa Atik ini  kepada MalangTIMES 

Selain itu, masyarakat bisa menikmati kuliner ikan tuna disantap yang di pinggir pantai. "Pasti mantap," ujar Atik.

Untuk acara Parade Chef ini, Dinas Perikanan sudah melakukan persiapan maksimal. Mulai dari penataan stan chef dan aksesorinya yang berlatar Pantai Nganteb. "Kami sudah mempersiapkan semuanya dengan baik untuk hari Minggu nanti. Mulai dari 150 kilogram ikan tuna untuk olahan makanan dan penataan stan-stan dari Pengolahan Pemasaran (Poklasar) Ikan Kabupaten Malang," ungkap  perempuan berkacamata itu.

Di samping itu, ikan tuna nanti akan diolah menjadi sepuluh jenis olahan  seperti nugget ikan, abon ikan, dan sate  tuna. "Jadi,  ikan tuna tidak hanya dibakar dan digoreng saja. Tapi bisa diolah menjadi beragam jenis olahan makanan tanpa mengurangi kandungan proteinnya," pungkasnya. (*)