MALANGTIMES - Ada yang berbeda dalam peringatan hari jadi Korpri ke-46 di tahun 2017 yang dilaksanakan di lapangan Kanjuruhan, Kepanjen, Kamis (30/11).

Biasanya hanya diisi dengan kegiatan yang sama dengan tahun lalunya. Kini, hari jadi bagi para Aparat Sipil Negara (ASN) yang mengambil tema "Kerja Bersama Setia Sepanjang Masa" terasa lain dan berbeda.

Pasalnya dalam acara tersebut dimeriahkan dengan kehadiran empat pesawat tempur militer jenis Super Tucano dan jenis Hercules yang mengangkasa di langit Kanjuruhan. Tapi, bukan sekedar kehadiran empat pesawat militer itu saja yang membuat sekitar 3.500 orang peserta terpukau. 

Aksi penerjun yang menbawa bendera Kabupaten Malang dalam acara hari jadi kabupaten Malang ke 1257 dan hut korpri ke 46

Yang membuat ribuan peserta terpesona adalah aksi dari 20 penerjun serta aksi fly pass dari tiga pesawat tempur militer Super Tucano dari Skuadron 21Lanud Abdulrahman Saleh Malang.

Keterpanaan ribuan ASN, tiba-tiba berubah drastis. Suasana yang tadinya begitu gembira, menjadi mencekam. Tiga pesawat pabrikan Brazil yang terbang berkeliling di ketinggian 1.000 feet dengan kecepatan 400 kilometer per jam ini sekonyong-konyong menukik hingga ketinggian 100 feet. 

"Waduh kaget banget mas. Saat enak-enak lihat aksi, pesawat tiba-tiba menukik cepat banget," kata Sulandri ASN Guru kepada MalangTIMES, Kamis (30/11).

Belum selesai kekagetan peserta upacara dengan fly pass tiga pesawat tempur Super Tucano, muncul pesawat angkut militer Hercules C130 dari Skuadron 32 Lanud Abdulrachman Saleh di ketinggian 7.000 feet yang memuntahkan 20 penerjun dari Paskhas TNI AU. 

Aksi para penerjun free fall ini membuat decak kagum peserta hari jadi di lapangan Kanjuruhan. Membawa beragam bendera, mulai dari merah putih, Korpri, Lanud Abdulrachman Saleh, Pakshas, Pemkab Malang, logo The Heart of East Java hingga jajaran samping, Polres Malang. 

"Keren, HUT Korpri tahun ini menjadi berbeda rasanya. Selain adanya aksi dari Lanud juga bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1257," ujar Abdurrahman staff salah satu OPD Kabupaten Malang.

Di kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana hari jadi ke 1.257 Kabupaten Malang, Tridiyah Maestuti, mengatakan aksi dari anggota Lanud Abdulrachman Saleh, Denmatra 2 dan Yonko 464 merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Malang. 

"Kebetulan bersamaan dengan HUT Korpri. Jadi agar semakin meriah kita barengkan acara tersebut," kata Tridiyah.

Saat ditanya mengenai bendera-bendara yang dibawa oleh 20 penerbang sampai di lapangan, Tridiyah mengatakan, itu merupakan bentuk sinergitas antara berbagai elemen di Kabupaten Malang.

"Jadi tadi kita lihat para penerjun membawakan bendera Pemkab Malang hingga Polres Malang itu adalah bentuk kekompakan. Hal ini mendapatkan apresiasi dari Bapak Bupati," ujar Kepala Inspektorat Kabupaten Malang ini.