Susun Roadmap Smart City, Barenlitbang Kota Malang Kembangkan Enam Konsep

MALANGTIMES - Terus berkembang sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur, Kota Malang tengah mempersiapkan diri menjadi smart city. Bahkan, saat ini Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang tengah menyusun sebuah roadmap atau program terukur jangka panjang untuk mewujudkannya. 

Kepala Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, Sosial dan Budaya Barenlitbang Kota Malang Heroe Agoesdijanto mengungkapkan, ada enak konsep yang akan menjadi poin pengembangan smart city.

Keenam konsep tersebut adalah Smart Environment (sumber daya alam dan lingkungan), Smart Goverment (pemerintahan), Smart People (masyarakat), Smart Mobility (transportasi dan teknologi informasi), Smart Economy (perekonomian), dan Smart Living (kualitas hidup). 

Heroe menguraikan, untuk Smart Environment, nantinya segala aspek lingkungan mulai dari permukiman, ruang terbuka hijau, penggunaan energi, dan lain-lain dapat tersistem dengan baik.

"Lingkungan dikatakan smart, bukan hanya karena sehat. Tetapi juga dapat mengelola dan mengefisesnkan energi agar tidak terbuang percuma," terangnya. 

Sementara Smart Goverment, salah satunya untuk memberi pelayanan yang baik bagi masyarakat.

"Aplikasi terbuka (Open Apps) sudah terdapat di beberapa lembaga pemerintahan. Misalnya mobile library (perpusatakaan digital), Malang Menyapa untuk pariwisata, dan lain-lain," terangnya.   

Heroe menerangkan, pihaknya telah menyelenggarakan kegiatan focus group discussion (FGD) dengan seluruh pihak terkait untuk mengembangkan konsep-konsep itu.

"Kami menghimpun masukan dari seluruh stake holder, juga komunitas, asosiasi pengusaha, lembaga swadaya masyarakat, agar nanti roadmap yang disusun bisa dilaksanakan bersama," ujar Heroe.

Harapannya, lanjut Heroe, roadmap tersebut dapat diimplementasikan dengan baik. Tidak hanya mewadahi yang dibutuhkan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Melainkan juga pihak-pihak eksternal yang terkait.

"Kegiatan selanjutnya, kami menyusun laporan akhir yang bisa mewakili seluruh pendapat OPD-OPD dan lintas sektoral yang lain," terangnya. 

Heroe menegaskan, keseluruhan konsep Smart City Kota Malang yang tengah disusun tidak hanya berpatokan pada penggunaan teknologi informasi (IT). Melainkan mencakup keseluruhan aspek hidup mayarakat.

"Intinya, smart city bukan hanya IT. Tetapi memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih efisien, mungkin juga lebih murah. Dari beberapa layanan, terintegrasikan melalui IT," terangnya.

Penyusunan roadmap tersebut, merupakan langkah awal dalam mewujudkan Smart City.

"Roadmmapnya kami targetkan tahun ini selesai. Setelah itu ada kegiatan lain misalnya menyusun action plan, sosialisasi dengan OPD, dan lain-lain," pungkasnya.

Top