Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Lewat Simbol Gurita Raksasa dan Kereta Kencana, Dinas Sosial Ingin Angkat Ini

Penulis : Imam Syafii - Editor : Lazuardi Firdaus

19 - Nov - 2017, 21:29

Dinsos Kabupaten Malang pakai simbol gurita raksasa sebesar 4 meter sebagai biota laut yang tiada habisnya dari perairan laut Kabupaten Malang di Kirab Budaya di Pantai Ungapan. (foto : Imam Syafii/ MalangTIMES)
Dinsos Kabupaten Malang pakai simbol gurita raksasa sebesar 4 meter sebagai biota laut yang tiada habisnya dari perairan laut Kabupaten Malang di Kirab Budaya di Pantai Ungapan. (foto : Imam Syafii/ MalangTIMES)

Kemeriahan Kirab Budaya 2017 yang juga diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Kabupaten Malang berlangsung meriah, pasalnya mereka menampilkan ide kreasi sesuai tema pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Malang.

Salah satunya Dinas Sosial Kabupaten Malang yang dikomandoi Sri Wahyu Puji Lestari ini menampilkan judul pawai destinasi Pantai Balekambang sebagai Tanah Lot Kabupaten Malang yang ditandai dengan simbol gurita raksasa dan kereta kencana.

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

Pawai yang diikuti sebanyak 79 kontingen ini para peserta berjalan mulai dari Pantai Bajul Mati hingga menuju panggung kehormatan yang disaksikan secara langsung Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna dan Wakil Bupati Malang, Sanusi di Pantai Ungapan, Minggu (19/11/2017) sore.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Malang, Sri Wahyu Puji Lestari menjelaskan judul pawai yang dibawakan dinsos yaitu mengisahkan bagaimana mengangkat potensi destinasi Pantai Balekambang sebagai Tanah Lot-nya Kabupaten Malang. 

"Sinopsisnya dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1257, kami memperkenalkan sebuah ikon wisata Kabupaten Malang yaitu Pantai Balekambang," kata perempuan yang akrab disapa Yayuk itu.

Kenapa alasan dinsos mengangkat potensi Pantai Balekambang, menurutnya Pantai Balekambang sebagai pantai terbesar dibanding pantai-pantai di sekitarnya. Tak hanya itu saja, pantai ini juga menyimpan rahasia dalam keindahan nuansa klasiknya dan magisnya.

"Jadi nuansa klasik dan magisnya itu layaknya Tanah Lot yang ada di Pulau Dewata Bali, untuk itulah kami mengambil tema itu," katanya.

Media pawai yang digunakan yaitu mobil hias miniatur Balekambang, perkusi dengan instrumen dolanan Jawa, simbol gurita dan kereta kencana.

Baca Juga : Pasca Corona, Warga Butuh Hiburan, Ini 3 Waterpark Paling Ngehit di Indonesia Bakal Diserbu Wisatawan

"Kalau arti simbol gurita raksasa sebesar 4 meter simbol biota laut yang tiada habisnya dari perairan laut Kabupaten Malang," tegasnya.

Tidak lupa juga dinsos memasang logo pilar-pilar garda depan di gurita raksasa diantaranya program TKSK, Karang Taruna, Tagana dan PKH sebagai wujud apresiasi karena telah memberikan raganya untuk Dinas Sosial Kabupaten Malang. 

Sedangkan, simbol kereta kencana melambangkan magis nan artistic di dalam cerita rahasia di balik indahnya Pantai Balekambang, yang memberi kesan kepada khalayak luas bagaimana kebudayaan kita tidak boleh terkikis oleh waktu.


Topik

Wisata Wisata-Kabupaten-Malang Malang-Beach-Festival wisata-pantai-indah-Kabupaten-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imam Syafii

Editor

Lazuardi Firdaus