MALANGTIMES - Suasana yang semula begitu menghanyutkan dengan tarian Jawa yang dibawakan oleh rombongan dari PD Jasa Yasa Kabupaten Malang, berubah seketika.

Beberapa lelaki bertubuh kekar membawa senjata berupa pedang dan tombak sekitar puluhan orang saling serang satu sama lainnya.

Baku hantam, saling tikam dan denting senjata tajam puluhan lelaki kekar tersebut terjadi tepat di depan Bupati Malang Dr H Rendra Kresna yang duduk di atas panggung beserta jajaran dan tamu undangan dalam acara Kirab Budaya Malang Beach Festival.

Pertempuran dua kubu tersebut berlangsung sekitar 10 menitan. Beberapa orang berjatuhan di tanah terkena sabetan pedang maupun tusukan tombak. Sebagian lainnya masih saling serang dan lainnya menodongkan senjatanya kepada beberapa lelaki yang menyerah setelah pertarungan tersebut.

Tampilan peraga busana dengan semburan gas menambah asyiknya parade budaya yang ditampilkan PD Jasa Yasa Kabupaten Malang (Nana)
Tampilan peraga busana dengan semburan gas menambah asyiknya parade budaya yang ditampilkan PD Jasa Yasa Kabupaten Malang (Nana)

Tepuk tangan pun membahana dari penonton yang sejak drama kolosal ini dimainkan telah menyita perhatian. Drama besutan Ahmad Faiz Wildan, Direktur Utama PD Jasa Yasa Kabupaten Malang berjudul Napak Tilas Babad Balekambang dan dimainkan sekitar 30 orang ini memang terbilang unik.

Memadukan tarian syukur atas hasil tangkapan ikan laut yang digendong oleh para perempuan cantik dengan drama pertempuran serta parade busana unik dan semburan gas warna kuning telur yang memenuhi pelataran panggung finish para peserta kirab budaya. Membuat tampilan rombongan PD Jasa Yasa mencuri perhatian dari ratusan warga yang berjubel sepanjang jalan di area tersebut.

Ahmad Faiz Wildan Direktur Utama PD Jasa Yasa Kabupaten Malang  mengatakan, tampilan yang dibawakan merupakan suatu bentuk rasa syukur atas segala berkah yang diberikan alam. "Rasa syukur tersebut juga dibarengi dengan kerja keras untuk mendapatkan kemakmuran, yaitu dengan simbolisasi peperangan. Dimana untuk saat ini dalam mencapai hal tersebut, kerja keras dan doa adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan," ujarnya, Minggu (19/11).

Selain ingin menampilkan pesan moral tersebut, Wildan juga mengilustrasikan mengenai asal usul Pantai Balekambang dengan berbagai mitos, keindahan serta sejarahnya.

Lengkapnya naskah dan tampilan dari PD Jasa Yasa Kabupaten Malang dalam kirab Budaya MBF semakin menambah meriahnya agenda dalam merayakan hari jadi kabupaten Malang ke-1257.