Ternyata Pengusaha Asal Malang Ini Nyentrik di Masa Mudanya

Nov 07, 2017 09:41
Potret masa muda pengusaha asal Malang Ir H Ghufron Marzuqi (foto: Ghufron for MALANGTIMES)
Potret masa muda pengusaha asal Malang Ir H Ghufron Marzuqi (foto: Ghufron for MALANGTIMES)

MALANGTIMES - Teknologi foto zaman dahulu memang belum secanggih sekarang. Meski begitu potret foto apapun zamannya tetaplah menyimpan banyak kenangan.

Salah satunya momen masa muda. Bagi pengusaha asal Malang, Ir H Ghufron Marzuqi menyimpan foto masa lalu merupakan bagian dari cara ia mengenang masa muda. 

Baca Juga : Tundukkan Rasa Takut untuk Kemanusiaan, Ini Kisah Bripka Jerry yang Banjir Apresiasi

Sembari memperlihatkan foto lawas kepada MalangTIMES, Ghufron bercerita bahwa ia di masa muda tampil dengan dandanan nyentrik. Salah satunya foto diri Ghufron dengan penampilan berambut gondrong.

"Saya dulu ini anak muda yang ikut tren kalau dulu trennya memang cowok gondrong," cerita Ghufron saat ditemui di kediamannya kawasan Jalan Ikan Mas Tunjungsekar Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. 

Tak hanya tampil dengan rambut gondrong, pengusaha kelahiran 23 Mei 1964 ini juga gemar mengenakan celana jeans dipadu dengan kacamata.

"Jaket kulit saya juga pakai lalu sepatu model anak sekarang sneaker saya sudah pakai waktu muda. Kalau saya memang dari dulu soal fashion saya perhatikan betul," jelas dia. 

Ditanya soal fashion, Ghufron hafal label-label yang terkenal pada tahun 1980-an. "Saya pakai Levi's dan Rayban itu favorit saya waktu muda," imbuhnya.

Soal busana pula, suami Diah Sukesi itu mengaku ia gemar mengenakan model kaus. Label favoritnya ialah Hammer. 

"Saya paling suka kaus model garis-garis itu. Kalau enggak yang kemeja. Tapi untuk santai saya suka pakai kaus dan celana jeans. Kalau kemeja saya suka warna putih seperti di foto ini," kata dia lantas menunjukkan sebuah foto. 

Foto itu memperlihatkan Ghufron tengah mengisi sebuah forum. Style ia kala itu mengenakan atasan kemeja putih dipadu dengan celana jeans. Rambut gondrong menjadi ciri khas Ghufron.

"Ini saya masukkan kemejanya. Pakai aksesoris sabuk yang memang tren di zaman itu," jelasnya. 

Baca Juga : Glenn Fredly Meninggal Dunia Tepat setelah 40 Hari Kelahiran Anak Pertamanya

Diakui Ghufron masa muda ia memang penuh dengan gaya hidup cukup glamour. Meski terlahir dari keluarga sederhana, Ghufron muda punya trik agar tetap bisa mengikuti tren mode.

"Saya ini nakal. Uang beasiswa enggak saya kasih ke orangtua, saya tabung ya untuk beli barang-barang fesyen. Tapi enggak baru. Saya ke Solo cari baju bekas yang masih bagus," ungkap dia. 

Ghufron muda tinggal di Madiun. Dibesarkan di lingkungan agamis yang kental, keluarga mendidik ia sederhana dalam hal berpakaian.

"Bapak kan pintar menjahit. Jadi semua anak-anaknya dibuatkan pakaian. Lha saya ini kan ada saja, enggak mau sama dengan saudara lain. Maunya ikuti tren," tuturnya. 

Meski ia sempat sembunyi-sembunyi agar dapat membeli aneka barang fashion, Ghufron mengaku ketertarikan ia pada mode di masa muda memacu ia untuk bekerja keras.

"Selain ambil dari beasiswa itu, ya uang untuk beli baju dan barang-barang fashion lain juga saya ambil dari hasil usaha saya kecil-kecilan," terangnya. 

Sebelum sukses menjadi pengusaha kontraktor, Ghufron berjuang sedari muda. Mulai berjualan minyak tanah keliling dari rumah ke rumah hingga berjualan ikan mujaer pernah ia lakoni. Kini bisnis Ghufron bukan hanya merajai Malang tapi juga tersebar hingga Bali dan Makassar. (*)

Topik
Pengusaha Asal MalangGhufron MarzuqiPotret masa muda

Berita Lainnya

Berita

Terbaru