Pengusaha Asal Malang Ini Beberkan Perjuangan Berhenti Merokok

Nov 03, 2017 17:39
Ilustrasi pria berhenti merokok (via alodokter.com)
Ilustrasi pria berhenti merokok (via alodokter.com)

MALANGTIMES - Merokok bagi sebagian orang sudah  umum dan menjadi bagian dari gaya hidup. Tetapi sebagian lain memandang merokok bukan hal yang sehat. Di luar  pro kontra soal rokok, pengusaha  asal Malang ini memilih untuk berhenti  merokok. 

Baca Juga : Tundukkan Rasa Takut untuk Kemanusiaan, Ini Kisah Bripka Jerry yang Banjir Apresiasi

Perjuangan untuk berhenti merokok tentu tidak mudah. Banyak yang berhasil. Tetapi tak sedikit yang harus gigit jari dan tetap menjadi pecandu tembakau. Lantas apa yang buat  pengusaha asal Malang ini sukses berhenti merokok? 

Ir H Ghufron Marzuqi, sang pengusaha itu, sejak masa duduk di bangku kuliah tak pernah berhenti merokok. Baginya, tak ada rokok seperti ada sesuatu yang kurang. "Dari zaman kuliah, saya merokok. Ya namanya anak muda kan sudah biasa," kisah Ghufron kepada MALANGTIMES. 

Pria yang dikenal sebagai pengusaha kontraktor sukses itu mengaku berhenti merokok lantaran sang istri tidak suka pria perokok. "Jujur waktu menikah tahun 1993, istri saya ternyata nggak suka pria perokok. Akhirnya dari situ, ya sudah saya mulai pelan-pelan berhenti merokok," ungkap pria kelahiran 23 Mei 1964 ini. 


Pengusaha sukses asal Malang Ir H Ghufron Marzuqi (foto: Ghufron for MALANGTIMES) 

Ghufron mengatakan pelan-pelan berhenti merokok. Sebab, proses  berhenti merokok memang tak semudah membalikkan telapak tangan. "Ya awal tidak merokok itu, tak bawa aja ke mana-mana. Lama-lama kan nggak kuat. Tapi saya nggak nyalakan korek. Tak bawa aja. Sudah nggak kuat, saya cium aja, tak cium-cium baunya,"ungkap dia. 

Ditanya MALANGTIMES alasan  mencium rokok, Ghufron mengakui bahwa aroma tembakau awalnya sulit dia lepaskan. Meski begitu, ia bertahan tidak menyalakan api dan kembali merokok. "Hanya saya ciumi. Setelah itu, baru saya ganti dengan permen dan sudah saya nggak bawa rokok lagi ke mana-mana," imbuh suami Diah Sukesi itu. 

Baca Juga : Glenn Fredly Meninggal Dunia Tepat setelah 40 Hari Kelahiran Anak Pertamanya

Bagi Ghufron, perjuangan berhenti merokok tak hanya demi sang istri. "Juga demi anak-anak karena beberapa rekan bilang ada dampak buruk, terutama saat istri mengandung, dan fatal akibatnya. Saya bersyukur sebelum istri hamil sudah berhenti merokok," kata dia. 

Kenangan bersama rokok masih Ghufron ingat. Rokok yang jadi favorit Ghufron dulu  ialah kretek. Rokok jenis ini berbeda dengan rokok lain. Kretek menggunakan tembakau asli yang dikeringkan, dipadukan dengan saus cengkeh dan saat dihisap terdengar bunyi kretek-kretek. "Kalau dulu, saya ya rokok kretek Dji Sam Soe kretek. Itu yang jadi favorit saya," imbuh Ghufron. 

Apakah tidak tergoda lagi mengisap rokok? Ghufron menggelengkan kepala. "Nggak meski ada orang satu ruangan, semua merokok. Saya tidak tertarik sama sekali jadi perokok lagi," tukas dia. 

Bagaimana dengan Anda? Masihkan menjadi perokok atau sedang berjuang keras berhenti merokok? (*)

Topik
Pengusaha Asal MalangGhufron MarzuqiPerjuangan Berhenti Merokok

Berita Lainnya

Berita

Terbaru