Wanita cantik asal Malang Richa Etika Ulhaq cukup sering mengunggah gaya busana mengenakan kulot di akun Instagram pribadinya (foto: Instagram @richaeu)
Wanita cantik asal Malang Richa Etika Ulhaq cukup sering mengunggah gaya busana mengenakan kulot di akun Instagram pribadinya (foto: Instagram @richaeu)

MALANGTIMES - Salah satu fashion item yang banyak dikenakan kalangan hijabers tahun 2017 ini ialah kulot. Padahal secara historis kulot lama menjadi tren bahkan sejak tahun 1960-an. 

Kala itu selebritas Hollywood memakai kulot. Sayang, padu padan kulot terbatas pada kemeja atau atasan high-neck maupun bralet bila ingin pergi ke pantai. 

Seiring tren mode yang terus berkembang, kulot kini dikenakan mereka yang berhijab. Salah satu hijabers itu ialah wanita asal Malang, Richa Etika Ulhaq. 

Ia cukup getol mengenakan kulot. Hampir di setiap unggahan di akun Instagram pribadinya, Richa memilih warna kulot netral. Coklat menjadi warna kulot paling sering dipakai pemilik akun Instagram @richaeu ini. 


(www.instagram.com/richaeu)

Seperti gaya di tahun 1960-an, kulot dipakai saat ke pantai. Richa pun melakukan hal ini. Wanita yang punya jumlah pengikut 165.000 followers ini memilik kulot warna coklat. 

Paduan atasan adalah model kemeja motif. Motif pada kemeja ada unsur warna coklat sehingga Richa pun memadukannya dengan hijab warna yang senada. Lantaran menikmati aktivitas siang di pantai, alumnus Universitas Brawijaya itu pun menambahkan aksesoris berupa topi jerami. 


(www.instagram.com/richaeu)

Masih memilih kulot warna coklat dengan aksen pita, kali ini Richa memiih memadukan dengan long coat. Pilihan coat jatuh pada warna putih. Ia padukan dengan sepatu warna senada. Untuk hijab wanita cantik ini memilih segiempat motif warna pastel. Cantik bukan meski tabrak warna? 


(www.instagram.com/richaeu)

Beda dengan kulot yang dikenakan pada dua foto sebelumnya, pada foto ketiga Richa memilih kulot dengan aksen plisket. Ternyata kulot ini juga cukup sering ia gunakan sampai banyak pengikut Instagram ia yang penasaran. 

"Pada nanya kan kulot yang sering aku pakai. Ini aku beli di 21 Online Shop," tulisnya di keterangan foto. Richa memadukan kulot tersebut dengan atasan model long coat. Warna yang dipilih bukan lagi putih tetapi orange. Sedangkan pilihan hijab jatuh pada warna coklat senada dengan warna kulot. 

Sementara itu, menurut perancang mode asal Malang Elma Isti Faricha menilai beberapa orang salah melakukan padu padan kulot. Kesalahan ini lantaran belum mengikuti prinsip yang ada pada aturan mode. 

"Teorinya begini kalau bagian bawah sudah lebar, maka atas jangan pakai yang lebar juga. Begitu juga sebaliknya, kalau atas lebar, bagian bawahan sebaiknya yang slim saja. Lebih baik kalau pakai kulot atasannya yang pas di badan supaya look lebih terlihat menarik," jelas desainer yang menjadi Malang di Jakarta Fashion Week (JFW) 2018 itu. 

Akan tetapi, menurut Elma apa yang dilakukan orang dengan pilihan atasan kulot mereka sebenarnya tidak masalah. "Asal percaya diri tidak masalah, tetapi lebih baik agar look menarik memakai teori mode tadi," tukas dia. (*)