Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Advertorial

Lestarikan Karya Anak Bangsa, Rektor ITN Malang Patenkan Batik Motif Candi

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Heryanto

02 - Nov - 2017, 16:01

Rektor ITN Dr.Ir Lalu Mulyadi.MT (dua dari kiri) (Foto : Humas ITN for MalangTIMES)
Rektor ITN Dr.Ir Lalu Mulyadi.MT (dua dari kiri) (Foto : Humas ITN for MalangTIMES)

MALANGTIMES- Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang membuat keputusan luar biasa yakni melestarikan produk kearifan lokal dan budaya bangsa.

Baca Juga : Apartemen The Kalindra Sediakan Fasilitas Antar Jemput Konsumen Bebas Covid-19

Untuk kepentingan itu, kampus yang mencetak para pakar teknologi ini baru menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham pada Rabu, (1/11/2017) di Jakarta.

Rektor ITN Malang Dr.Ir Lalu Mulyadi. MT mengungkapkan pihaknya  mempunyai harapan besar terhadap kampus yang dipegangnya ini dengan terus melakukan inovasi dalam upaya melestarikan dan mengukuhkan kekayaan intelektual anak bangsa.

"Dengan MOU ini diharapkan perguruan tinggi bisa lebih kreatif menciptakan karya-karya mengacu pada penelitian-penelitian yang dilakukan. Hasil karyanya harus langsung dipatenkan," ungkapnya, Kamis (2/11/2017)

Mengacu pada kerjasama ini pihaknya akan mematenkan dua buah karya yakni dua buku tentang  Relief dan Arca Candi serta candi yang diaplikasikan dalam motif ornamen candi di Malang.

"Dalam buku yang saya tulis ada dasar batik tersebut dan itu sudah ada hak ciptanya. Seni lain juga bisa dikembangkan dari sejarah candi, misalnya seni pahat," ujarnya.

Baca Juga : Panduan Berobat ke Melaka Malaysia, Destinasi Berobat Luar Negeri Favorit Orang Indonesia

Pihaknya juga akan mengumpulkan para pebatik dari Malang Raya yang selanjutnya mengadakan lomba batik bermotif candi. "Nanti pesertanya adalah masyarakat umum dan siswa sekolah," bebernya.

Sementara itu, Ketua Sentra Kekayaan Intelektual ITN Dr Dimas Indra Laksmana MT menjelaskan MOU ini akan menjadi titik awal untuk mematenkan karya murni civitas akademika ITN Malang.

"Seperti motif batik milik Pak Rektor ini yang nantinya langsung dilindungi hak cipta. Batiknya akan dipatenkan menjadi karya yang tidak mudah diklaim pihak lain," pungkasnya.


Topik

Advertorial Karya-Anak-Bangsa Rektor-ITN-Malang Batik-Motif-Candi Lalu-Mulyadi patenkan-batik-motif-candi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Heryanto