MALANGTIMES - Gelaran kompetisi Liga 1 belum selesai. Namun, pelatih Arema FC Joko Susilo sudah mempunyai rapor pemain selama 33 pekan ini. Bahkan beberapa sudah diserahkan kepada manajemen untuk dilakukan evaluasi.

Rapor pemain biasa diberikan oleh tim pelatih kepada manajemen pada akhir kompetisi. Selain evaluasi individu, rapor itu untuk evaluasi tim keseluruhan. "Ini istilahnya rapor pertanggungjawaban tim pelatih selama semusim. Tapi untuk detailnya, hanya manajamen yang tahu," ujar Joko.

Pelatih berlisensi A AFC tersebut menambahkan bahwa rapor ini bisa dijadikan patokan untuk pembentukan tim pada kompetisi musim depan. "Ini juga menjadi bahan evaluasi untuk membentuk tim musim depan," ucapnya.

Mengenai diperpanjang atau tidaknya pemain musim depan, tim pelatih Arema FC menyerahkan sepenuhnya kepada manajemen karena hal tersebut adalah hak manajemen. "Tim pelatih hanya memberikan rekomendasi melalui penilaian tersebut. Tetapi semuanya manajemen yang menentukan apakah akan menggunakan penilaian tersebut sebagai acuan atau memakai patokan yang lain," ungkapnya. (*)