Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kuliner

Yummy... Ketan Bertopping Mangga Segar Ini Lagi Digandrungi Orang di Malang

Penulis : Wahida Rahmania Arifah - Editor : Lazuardi Firdaus

26 - Oct - 2017, 16:48

Kreasi mango sticky rice wanita asal Malang Sheila Sagita dijual melalui akun Instagram @smoothieskitchen (foto: istimewa)
Kreasi mango sticky rice wanita asal Malang Sheila Sagita dijual melalui akun Instagram @smoothieskitchen (foto: istimewa)

MALANGTIMES - Bukan hanya jus mangga segar berpadu whipcream yang sedang digandrungi. Inovasi kuliner yang jadi buah bibir lainnya adalah makan ketan bersama buah mangga. Yup, kuliner dengan nama mango sticky rice sedang digemari banyak orang Indonesia. Enggak mau kalah dari daerah lain, arek Malang juga lagi gandrung dengan makanan ini. 

Baca Juga : Nongkrong Suasana Asri, Sejuk, dan Tenang Tak Jauh dari Pusat Kota Malang

Sheila Sagita, pemilik Smoothies Kitchen, mengungkapkan banyak pelanggan memesan menu mango sticky rice. Oleh karena itu, wanita asal Malang itupun membuat menu kuliner asal Thailand tersebut. "Kalau musim mangga gini aku kreasikan sajian kuliner dari mangga. Karena mango smoothie ramai banget, sekarang banyak yang mau varian lagi yakni mango sticky rice," jelas Sheila pada MALANGTIMES. 

Mendengar nama mango sticky rice, ternyata bukan makan nasi dengan buah mangga. Lantas apa ya? 

Menu kuliner mango sticky rice berasal dari Thailand. Dalam bahasa Thai, mango sticky rice disebut Khao Neeo Mamuang. Makanan ini merupakan menu pencuci mulut dengan bahan ketan putih, mangga dan santan. Ketan putih atau Khao Neow dalam Bahasa Thai, bentuknya seperti beras atau nasi dengan rasa lebih manis dan teksturnya lebih lengket jika dibandingkan dengan nasi.

Sheila menjelaskan bahwa mango sticky rice kreasinya memang bukan nasi tetapi berupa ketan putih. Ia lantas menambahkan dengan irisan mangga matang lalu kemudian disiram dengan santan kental. 

Akan tetapi, Sheila menambahkan mango sticky rice kreasinya dengan parutan kelapa segar. "Mango sticky rice kreasi saya seperti halnya makanan ala Thailand yakni ketan mangga. Dan kita pilih ketan pilihan yang dimasak secara tradisional. Untuk sausnya juga alami dari buah kelapa murni," jelas Sheila. 

Baca Juga : Punya Rasa Manis, Pahit dan Legit, Ciri Khas Durian Kunir dan Bajol Desa Jombok

Di Thailand, mango sticky rice lantas ditaburi dengan kacang kedelai yang diolah hingga renyah. Di  Bangkok, mango sticky rice merupakan street food. Di pinggir-pinggir jalan Kota Bangkok banyak pedagang yang menjajakannya. 

Dalam sehari, Sheila mengaku ada 80 porsi mango sticky rice kreasinya yang terjual habis. "Untuk tahun ini memang banyak banget yang beli bahkan kita sampai nolak-nolak. Untuk area sekitar Malang aja itu segitu," tutur dia. 

Mango sticky rice kreasi wanita asal Malang Sheila Sagita dipasarkan melalui akun Instagram @smoothieskitchen. Untuk harga seporsi mango sticky rice ukuran large dibandrol Rp 20.000. (*)


Topik

Kuliner kuliner-malang Ketan-Bertopping-Mangga smoothieskitchen Sheila-Sagita mango-sticky-rice-malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wahida Rahmania Arifah

Editor

Lazuardi Firdaus