Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Tarik Investor ke Kabupaten Malang, Dinas Penanaman Modal PTSP Pamer Potensi Daerah

Penulis : Sahrul Hidayah - Editor : Lazuardi Firdaus

26 - Oct - 2017, 11:01

Sekda Kabupaten Malang Didik Budi Muljono saat membuka kegiatan Temu Usaha dalam Menunjang Iklim Investasi di Hotel Solaris Kamis (26/10) pagi. SAHRUL HIDAYAH/MALANGTIMES
Sekda Kabupaten Malang Didik Budi Muljono saat membuka kegiatan Temu Usaha dalam Menunjang Iklim Investasi di Hotel Solaris Kamis (26/10) pagi. SAHRUL HIDAYAH/MALANGTIMES

MALANGTIMES - Potensi Kabupaten Malang yang begitu melimpah dalam banyak hal terus dioptimalkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malang.

Baca Juga : Selamat !! Satu Pasien Positif Corona di Lumajang Dinyatakan Sembuh

Hal ini dilakukan agar semakin banyak investor mau menanamkan modalnya atau berinvestasi di daerah yang memiliki 33 kecamatan ini. Upaya tersebut dilakukan dengan mengundang para stakeholder dalam kegiatan bertema Temu Usaha dalam Menunjang Iklim Investasi di Hotel Solaris, Kamis (26/10) pagi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Ir Didik Budi Muljono membuka secara langsung kegiatan yang diikuti sekitar 400 peserta ini. Mereka berasal dari 20 instansi terkait seperti SKPD (satuan kerja perangkat daerah) dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan), 18 perusahaan penanaman modal asing (PMA), 91 perusahaan penanaman modal dalam negeri (PMDN) fasilitasi dan nonfasilitasi serta 15 koperasi dan pelaku UKM (usaha kecil menengah).

Didik menuturkan, dengan besarnya potensi yang ada, dia yakin para investor akan berbondong-bondong untuk berinvestasi di Kabupaten Malang. "Karena selain ada potensi besar, kami selaku pemangku kebijakan berkomitmen mempermudah perijinan untuk berinvestasi," ucapnya.

Dia menyebutkan beberapa contoh potensi dari sektor pariwisata. Kabupaten Malang memiliki 25 pantai yang saat ini sudah dibuka dan ramai dikunjungi wisatawan. Di samping itu, adanya TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) juga menjadi daya tarik tersendiri.

Belum lagi potensi sektor pertanian. Kabupaten Malang punya komoditas kopi yang gaungnya sudah sampai ke luar negeri. Buah dan sayur dari Kecamatan Poncokusumo juga sudah merambah pasar-pasar nasional. "Masih banyak lagi potensi yang bisa dikembangkan. Dan memang saat ini kami lihat masih belum tersentuh," jelas mantan kepala Inspektorat Kabupaten Malang ini.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kabupaten Malang Dra Mursyidah menuturkan, kegiatan temu usaha ini memiliki tujuan besar. Yakni meningkatnya nilai investasi. Selain itu, dalam kesempatan ini dia juga memamerkan beragam potensi di Kabupaten Malang yang bisa digarap. Mulai pariwisata, UMKM, pertanian dan kerajinan. "Kami berkomitmen memfasilitasi para investor, baik PMA maupun PMDN. Semua kami dampingi mulai tahap awal hingga prosesnya," ucap Mursyidah.

Baca Juga : 10 Daerah Resmi Dapat Persetujuan Terapkan PSBB

Sejalan dengan hal itu, dalam pertemuan yang akan menjadi agenda rutin ini, dia juga bisa menyosialisasikan kebijakan dan peraturan Pemerintah Kabupaten Malang dalam investasi dan perizinan. Sebab, dia juga ingin menampilkan citra bahwa berinvestasi di Kabupaten Malang mudah dan aman. "Dengan begini, kami bisa menjalin komunikasi yang solid antara pemerintah, pemilik modal dan masyarakat pelaku usaha. Dengan demikian, tujuan dan cita-cita besar untuk menggerakkan perekonomian benar-benar terwujud," pungkasnya. (*)


Topik

Peristiwa Potensi-Kabupaten-Malang tarik-investor Dinas-Penanaman-Modal-PTSP kabupaten-malang Pamer-Potensi-Daerah Sekretaris-Daerah-Kabupaten-Malang Didik-Budi-Muljono


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Sahrul Hidayah

Editor

Lazuardi Firdaus