Desainer asal Malang Agus Sunandar (tengah) bersama kru saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)
Desainer asal Malang Agus Sunandar (tengah) bersama kru saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)
Bangga, Desainer Malang Berlaga di Jakarta Fashion Week  14

MALANGTIMES - Ajang Jakarta Fashion Week merupakan perhelatan mode terbesar dan disebut-sebut sebagai yang terbaik di Asia Tenggara. Kali kesepuluh digelar, ajang fashion ini melibatkan sejumlah desainer top tanah air. Total ada sekitar 175 desainer baik lokal maupun mancanegara seperti Swedia, Jepang, Korea Selatan, Inggris, dan Australia.

Dari Malang, tiga orang desainer yang tergabung dalam Indonesian Fashion Chamber (IFC) Chapter Malang dijadwalkan menggelar show bertema Balekambang pada Selasa, 24 Oktober 2017 pukul 16.30-17.00 WIB. Desainer asal Malang itu ialah Agus Sunandar, Kiki Mahendra, dan Elma Faricha. 

Penampilan ketiganya didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten Malang (Pemkab) Malang dan media online berjejaring terbesar di Indonesia, MALANGTIMES yang ditunjuk sebagai satu-satunya media partner oleh IFC Chapter Malang. 

Demi perhelatan Jakarta Fashion Week, tak salah bila para desainer bekerja keras menyuguhkan tampilan terbaik. Tak terkecuali desainer Agus Sunandar. Ia sampai memboyong enam orang kru. Ditemui di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Agus menjelaskan para kru yang turut serta ialah mahasiswa terbaik jurusan tata busana Universitas Negeri Malang (UM).

"Kali ini saya boyong asisten desainer saya dan lima orang kru. Mereka ini terlibat dari awal mulai dari konsep sampai urusan sewing busana dan nanti dressing saat show di Jakarta Fashion Week," jelas desainer yang juga dosen tata busana Universitas Negeri Malang (UM) itu pada MALANGTIMES, Senin (23/10/2017).

Enam orang kru Agus Sunandar ialah Putri Larasati, Nila Mashuro, Nurul Hasanah, Fitria Dwi Anggraini, Firly Umi Larasati, dan seorang asisten desainer bernama Morry Van Dayu. Lima orang dari mereka baru duduk di semester tiga jurusan tata busana. 

Ditanya perihal keterlibatan sejumlah mahasiswi ini, Agus menjelaskan sedari awal ia memang mengajak mahasiswi berprestasi untuk terlibat di sejumlah fashion show yang ia ikuti. "Kalau mereka ini udah bukan pertama lagi ikutin saya dan mereka kompak sampai sekarang. Sehabis kuliah mereka membantu saya untuk persiapan busana show di Jakarta Fashion Week ini," tutur dia. 

Lebih lanjut, Agus menjelaskan terkait tugas kru desainer. "Asisten desainer itu adalah tangan kanan desainer. Jadi, dia membantu saya sebagai desainer bekerja, mulai dari membuat pola dan produksi spai nanti saat fashion show berlangsung," papar pria kelahiran 8 Mei ini. 

Bagaimana keseruan menjadi seorang asisten desainer? Benarkah ia sampai jatuh sakit lantaran begadang demi mempersiapkan busana show? Simak kisah asisten desainer Agus Sunandar Morry Van Dayu pada bagian selanjutnya hanya di MALANGTIMES. (*)