Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Endang Retnowati. (foto: Imam Syafii/ MalangTIMES)
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Endang Retnowati. (foto: Imam Syafii/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Upaya mendorong masyarakat dalam meningkatkan konsumsi makan ikan, Dinas Perikanan Kabupaten Malang geliatkan program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) menuju masyarakat Kabupaten Malang yang cerdas dan sehat.

Program Gemarikan dari dinas yang dikomandoi Endang Retnowati ini bakal dilaksanakan dalam acara bhakti sosial menata desa (bina desa) di Desa Sidodadi, Kecamatan Lawang, Selasa (24/10/2017).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Endang Retnowati mengatakan program gemarikan merupakan salah satu program yang dilaksanakan di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia.

Pelaksanaan gemarikan untuk Kabupaten Malang antara lain akan dilaksanakan di Desa Sidodadi, Kecamatan Lawang bersamaan dengan acara Bina Desa Pemkab Malang. 

"Gemarikan ini merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkembangkan kesukaan konsumsi makan ikan di Kabupaten Malang khususnya di Desa Sidodadi. Target sasaran kami pada anak-anak SD hingga kalangan dewasa agar cerdas dan sehat," kata Endang kepada MalangTIMES, Senin (23/10/2017).

Endang menjelaskan gemarikan ini pihaknya akan menyosialisasikan ke sekolah-sekolah yang berada di Desa Sidodadi, mulai dari pentingnya pemahaman konsumsi makan ikan, mengetahui jenis-jenis ikan laut, ikan air tawar.

"Bahwa ikan memiliki kandungan Omega 3 dan beragam protein yang mampu mencerdaskan otak manusia. Melalui gemar makan ikan maka tubuh seseorang akan semakin sehat dan cerdas," jelas perempuan berhijab itu.

Karena itu, program Pemerintah Kabupaten Malang melakui dinas perikanan berkomitmen untuk membiasakan gemarikan.

"Kami ingin tiada hari tanpa makan ikan. Besok kami juga akan mengajak mereka untuk makan ikan bareng dengan beragam menu olahan ikan," tegasnya.

Disamping itu tujuan dan sasaran dari kegiatan tersebut adalah untuk memasyarakatkan aneka menu masakan ikan yang bergizi. Lalu, meningkatkan gizi keluarga sehingga tercipta masyarakat yang sehat dan sejahtera dan mendorong meningkatkan kreativitas masyarakat dalam menyusun dan menciptakan menu makanan olahan ikan.

Kemudian mengimplementasikan gemarikan agar masyarakat lebih cinta dan membiasakan makan olahan ikan sejak dini.