Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lapsus KPK Geber Pemeriksaan di Kota Malang (17)

Tujuh Saksi Dipanggil KPK, Sembilan Orang yang Datang

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : Lazuardi Firdaus

20 - Oct - 2017, 12:51

Suasana Aula Polres Malang Kota yang digunakan penyidik KPK RI dalam agenda pemeriksaan kasus rasuah hari ini. (Foto: Nurlayla Ratri/ MalangTIMES)
Suasana Aula Polres Malang Kota yang digunakan penyidik KPK RI dalam agenda pemeriksaan kasus rasuah hari ini. (Foto: Nurlayla Ratri/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Memasuki hari ketiga penyidikan yang dilakukan tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan rasuah yang melibatkan mantan Ketua DPRD Kota Malang M Arief Wicaksono, ada sembilan saksi yang datang meski hanya tujuh orang yang secara resmi mendapat panggilan, hari
ini (20/10/2017). 

Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha menyebutkan tujuh saksi yang dipanggil yakni lima anggota DPRD Kota Malang dan dua pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Malang yang pada 2015 lalu menjabat kepala bidang (kabid) di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Malang. 

Lima anggota dewan yang dipanggil yakni Indra Tjahyono, Rasmuji, Mulyanto, Sulik Lestyowati, dan Syaiful Rusdi. Sementara dari Pemkot Malang, yang diundang memberi kesaksian yakni Noer Rahman Wijaya yang dulunya menjabat kabid bina marga dan Tedy Sujadi Soemarna yang pada 2015 menjadi kabid perumahan dan tata ruang. 

Dari tujuh saksi yang dipanggil, hanya enam yang memenuhi panggilan. Satu orang dipastikan tidak hadir. Yakni Rasmuji yang telah meninggal dua pada 17 Maret 2017 lalu. Almarhum Rasmuji meninggal saat bimtek partai di Jakarta.

"Iya kami baru mendapat konfirmasi bahwa yang bersangkutan sudah tidak dapat memberi kesaksian, jadi dikeluarkan dari jadwal," ujar Priharsa melalui pesan WhatsApp. 

Namun, selain nama-nama yang telah tersebut di atas ada tiga anggota dewan lain yang tampak hadir. Yakni Wakil Ketua I DPRD Kota Malang HM Zainuddin, juga anggota Komisi B Sahrawi dan anggota Komisi D Erni Farida.

"Untuk Erni Farida, karena ada perubahan jadwal sehingga dipanggil ulang hari ini. Pemanggilan ulang tentu karena penyidik masih memerlukan kesaksian yang bersangkutan. Bisa jadi ada keterangan yang ingin diperdalam," tambah Priharsa. 

Total, selama tiga hari ini ada 30 saksi yang dimintai keterangan. Pada hari pertama, Rabu (18/10/2017) lalu ada sepuluh orang yang dipanggil. Yakni mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Cipto Wiyono yang saat ini menjabat kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Cipta Karya Jawa Timur.

Juga Ketua Komisi B DPRD Kota Malang Abdul Hakim dan tiga Wakil Ketua DPRD Kota Malang HM Zainuddin, Wiwik Hendri Astuti, dan Rahayu Sugiarti. Serta anggota dewan yang lain yakni Sahrawi, Subur Triono, Mohan Katelu, Sukarno dan Ribut Harianto.

Sementara kemarin (19/10/2017) ada sebelas saksi yang dimintai keterangan. Yakni Heri Pudji Utami dan Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Malang Soeprapto. Selain itu, ada Hery Subiantono, Priyatmoko Oetomo, dan Salamet. Selanjutnya, nama lain juga diperiksa, yakni Hadi Santoso, Syamsul Fajrih, Asia Iriani, Arief Hermanto, Tutuk Hariyani, dan Teguh Mulyono.


Topik

Lapsus KPK-Geber-Pemeriksaan Kota-Malang Anggota-DPRD Korupsi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

Lazuardi Firdaus