Geliat Bisnis Mode Anak Muda di Malang (4)

Produksi Piyama Anak Muda di Malang Banjir Pesanan

Oct 19, 2017 16:50
Piyama besutan anak muda Malang Vony Zamrudiyah dengan label Piyama Malang dipakai selebgram Linggar Utami (foto: istimewa)
Piyama besutan anak muda Malang Vony Zamrudiyah dengan label Piyama Malang dipakai selebgram Linggar Utami (foto: istimewa)

MALANGTIMES - Peluang bisnis bisa datang dari hal apa saja. Termasuk mengamati tren mode piyama. Kini, piyama bukan lagi sebatas busana dipakai tidur.

Baca Juga : Dewan Nilai Dirut PDAM Tak Penuhi Kompetensi, Usul Konkret Dicopot

Fashionista tak canggung lagi mengenakan piyama bahkan saat melakoni aktivitas di luar rumah hingga menghadiri acara pesta. Sebut saja penyanyi Nindy yang datang dengan piyama merah keluaran label Maxmara di sebuah pesta. 

Melihat tren piyama yang makin digandrungi inilah, wanita muda asal Malang Vony Zamrudiyah berinisiatif memproduksi sendiri piyama. Apalagi sang Ibunda memiliki  kursus jahit.

"Ibu kebetulan punya lembaga kursus jahit. Jadi, lulusan yang jahitannya pada rapi dan halus aku minta buatkan piyama. Akhirnya aku coba jual online via Instagram," tutur Vony kepada MALANGTIMES, Kamis (19/10/2017).

Piyama buatan Vony diberi label Piyama Malang. Bahan piyama dibuat dari kain berkualitas premium, yakni import Japan cotton HQ, satin silk, dan katun bermotif karakter kartun. Soal model piyama, Vony mengaku ia terlibat langsung mendesain piyama yang ia produksi.

"Aku sendiri yang pilih bahan dan desain.  Dan idenya aku cari referensi di media sosial Pinterest. Secara umum, modelnya basic piyama. Cuman yang bikin beda kan bahan kita high quality yang nyaman dipakai sama jahitan kita jahitan rapi," imbuh alumnus Universitas Negeri Malang (UM) ini. 

Ada beberapa model piyama yang diproduksi oleh Vony. Yakni stripe (garis), polkadot, dan piyama bahan satin. Selain itu, ia menawarkan piyama seri karakter kartun. Diakui Vony bisnis yang ia mulai pada April 2016 ini melesat begitu ia melakukan promosi lewat jasa selebriti Instagram (selebgram).

"Habis aku coba peruntungan dari endorse selebgram Malang Linggar Utami habis itu Nadya Gustipramita untuk piyama seri couple. Sekarang sebulan terima 70-100 baju gitu. Jadi, kalau sudah 100 baju, aku closing pesanan," ungkap dia. 

Baca Juga : Pipa Terus Bocor, Wali Kota Malang Sutiaji Beri Komentar Ini

Ia mengungkapkan berkat promosi ke dua selebriti Instagram tersebut pesanan capai angka 150 baju hingga Vony terpaksa turun tangan membantu proses menjahit.

Tentang pilihan seri piyama couple, kata Vony, termasuk banyak diburu pasangan muda di Malang. Bukan hanya Malang. Konsumen piyama besutan Vony juga sampai Singapura. Sayang karena terkendala pengiriman, Vony belum berani terima banyak pesanan dari luar negeri. 

"Kalau penjualan itu, aku udah alhamdulillah kirim ke luar Jawa. Sekarang paling jauh ke Biak dan Jayapura, Papua. Ada yang mau kirim ke Singapura tapi mahal ongkirnya jadi dikirim ke rumah dia di sini," ungkap wanita kelahiran 1993 ini. 

Usaha piyama produksi Vony dipasarkan melalui akun Instagram @piyamamalang. Harga berkisar Rp 80.000-175.000. Untuk seri piyama couple harga yang dipatok agak berbeda. "Untuk piyama couple dari harga Rp 250-340 ribu. Kalau yang cowok sama cewek model baju dan celana pendek Rp 250 ribu," ucap  Vony. 

Selain bisnis busana, bisnis mode muslim juga tak kalah menggiurkan. Bahkan dua produsen hijab premium adalah anak muda di Malang. Mereka mengawali usaha hijab sejak bangku kuliah. Hijab produk apa yang dimaksud? Tunggu ulasan menarik seputar geliat bisnis mode anak muda di Malang hanya di media online MALANGTIMES. (*)

Topik
Bisnis ModeAnak muda MalangProduksi Piyama

Berita Lainnya

Berita

Terbaru