Geliat Bisnis Mode Anak Muda di Malang (3)

Kaus Produk Luar Mahal, Lahirkan Ide Bisnis Anak Muda di Malang

Oct 18, 2017 15:46
Cribo Inc, bisnis costum kaus besutan tiga anak muda di Malang ini memajang produk mereka di Shoes and Care Jalan Galunggung Nomor 91 Kota Malang (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)
Cribo Inc, bisnis costum kaus besutan tiga anak muda di Malang ini memajang produk mereka di Shoes and Care Jalan Galunggung Nomor 91 Kota Malang (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tiga anak muda Malang yakni Antarangga Bawika, Oktavian Wahyu Nughroho, dan Zico Bonetti Aldanny punya strategi membidik pasar pelajar dan mahasiswa. Melihat produk kaus luar negeri berada di harga terbilang mahal, mereka akhirnya membangun bisnis costum kaus. 

Baca Juga : Dewan Nilai Dirut PDAM Tak Penuhi Kompetensi, Usul Konkret Dicopot

"Karena kaus produk luar yang misalnya lagi musim sekarang Anti Social Social Club (ASSC). Nah, mereka yang pengen kaus seperti produk itu banyak yang pesan ke kita. Selain itu kan costum kaus ini desain bebas bisa dari costumers. Jadi lumayan banyak pesanan datang dari ide mereka sendiri," jelas Oktavian Wahyu Nughroho atau yang akrab disapa Oki, pada MALANGTIMES, Rabu (18/10/2017).

Anti Social Social Club (ASSC) ialah label fashion yang mengeluarkan kaus warna hitam dengan tulisan 'Anti Social Social Club'. Beberapa selebriti dunia memakai produk ini mulai dari musisi Rita Ora, Kanye West,  hingga sosialita Kim Kardashian. Kaus produk ini dibandrol di kisaran harga 49 Dollar US atau sekitar Rp 600.000-an.

Bisnis costum kaus yang mereka buat diberi nama Cribo, Inc. Berdiri pada tahun 2015, usaha ini kini berbuah manis lantaran banyak pesanan datang dari luar Kota Malang. "Malah banyak pembeli dari Jakarta, Medan, dan kota-kota lain luar Malang," kata Oki. 

Disinggung mengenai pelanggan yang justru datang dari luar Kota Malang ini, Oki menjelaskan lantaran pemasaran mereka masih gencar lewat media sosial Instagram dengan akun @cribo.inc. Di Malang, jelas Oki, kendala mereka ialah outlet yang masih jadi satu dengan Shoes and Care Malang di Jalan Galunggung Nomor 91 Kota Malang. 

"Kalau di area Malang lumayan sih. Kebanyakan pelajar dan mahasiswa yang mau pakai kaus yang sama sekelas. Karena kita juga layani pesanan kaus satuan. Jadi mungkin itu juga yang buat pembeli di Malang masih ada meski enggak sebanyak luar kota," imbuh Oki.

Ditanya terkait persaingan, Oki menyatakan mereka tidak takut. Malah costum kaus Cribo Inc bukan hanya jadi alternatif produk kaus luar yang mahal tetapi juga distro yang harganya masih diatas Rp 130.000.

"Kita mulai costum kaus satuan buka harga Rp 75 ribu. Nah, kalau produk distro di Malang aja malah lebih dari Rp 100 ribu kan. Kadang pesen kesini karena pengen desain sendiri dan harga juga enggak semahal distro," ungkap Oki. 

Baca Juga : Pipa Terus Bocor, Wali Kota Malang Sutiaji Beri Komentar Ini

Menurut Oki, desain kaus yang mereka tangani punya beberapa kelebihan yakni menggunakan teknik sablon polyflex karena lebih mudah, praktis, hemat waktu serta hemat biaya.

"Selain itu kita juga pakai teknik sablon DTG yaitu Direct To Garment. Nah, teknik ini pakai teknologi terbaru dengan mesin khusus," tambah dia. 

Selain dua teknik sablon tersebut, Cribo.Inc  menerapkan standar khusus bagi bahan kaus. "Kita enggak pesen kaus trus jahit gitu enggak. Tapi kita pakai produk dari import yang udah cukup familiar di kalangan anak muda yaitu Gildan dan Fruit of the Bloom," tandasnya. 

Sementara itu, geliat bisnis mode anak muda di Malang masih terus berlanjut. Melihat tren mode yang kini bergeser menjadikan busana tidur sebagai pakaian sehari-hari, seorang wanita muda di Malang membuat bisnis clothing line.

Bisnis apakah itu? Dan benarkah ia sampai kewalahan melayani pesanan? Simak ulasan menarik kami tentang dunia mode di Malang hanya di media online MALANGTIMES. (*)

Topik
Bisnis Anak Muda MalangBisnis ModeCribo Inc

Berita Lainnya

Berita

Terbaru