Suasana lomba balita sehat Indonesia 2017 di ruang Socrates Dinkes kabupaten Malang, Selasa (7/10/2017) (Nana/MalangTIMES)
Suasana lomba balita sehat Indonesia 2017 di ruang Socrates Dinkes kabupaten Malang, Selasa (7/10/2017) (Nana/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Masa emas manusia dimulai sejak berada di dalam kandungan sampai pada usia balita. Tumbuh kembangnya kualitas manusia sejak dini inilah yang membuat sosok perempuan nomor satu di Kabupaten Malang yaitu Jajuk Rendra Kresna mengingatkan ulang pentingnya masa tersebut.

Moment tersebut disampaikan ulang melalui lomba Balita Sehat Indonesia tingkat Kabupaten yang dilaksanakan di Aula Socrates Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Selasa (17/10/2017).

Menurut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang ini, kegiatan lomba balita yang diikuti oleh 33 Kecamatan yang ada di Kabupaten Malang merupakan momentum dalam penekanan pentingnya quality time (waktu berkualitas) orang tua terhadap tumbuh kembangnya generasi emas ini.

"Kenapa quality time menjadi penting dan saya sampaikan di sini karena kondisi saat ini memang menjadi permasalahan kita sebagai orang tua,"kata Jajuk Rendra Kresna dalam sambutannya kepada seluruh orang tua yang dampingi anaknya.

Permasalahan orang tua saat ini memang cukup kompleks. Terutama dengan adanya faktor ekonomi, sehingga orang tua bekerja di luar. Dan waktu bagi anak-anaknya pun berkurang banyak. 

Kondisi inilah yang kini terjadi. Waktu yang semakin berkurang atau tidak ada sama sekali dalam menjaga dan memberikan kasih sayang kepada anaknya.

Konsekuensinya adalah hilangnya masa-masa emas anak yang tentunya berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya generasi yang sehat jasmani dan rohaninya.

"Mengingat sekarang ini banyak orangtua sibuk bekerja, jarang ketemu. Begitu ketemu nanti pokok tidak rewel ya sudah, jangan begitu,"tegas Istri Bupati Malang Rendra Kresna ini. Lanjutnya, "Kelucuan mereka ini tidak akan terulang. Saya nitip pesan agar memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Anak sekarang butuh teladan,".

Penekanan terhadap quality time orang tua terhadap anak-anaknya diharapkan membuat seluruh balita yang ada di Kabupaten Malang bisa memiliki kualitas. Baik pendidikan atau kesehatan. 

Oleh karena itu peran orangtua dalam menggali potensi diri buah hati sangat penting dilakukan, ujar Jajuk.

"Setiap anak memiliki kelebihannya masing-masing. Tugas kita menggali potensi dalam diri mereka. Semoga kita bisa mempunyai balita yang berkualitas dalam kesehatan dan pendidikannya," harapnya.

Dalam perlombaan balita sehat Indonesia yang diselenggarakan sebagai bagian merayakan hari jadi Kabupaten Malang ke-1257 sekaligus juga Hari Kesehatan ke-53.