Surat edaran nomor 585 dari KPU Pusat (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Surat edaran nomor 585 dari KPU Pusat (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Malang mendadak mendapat Surat Edaran (SE) nomor 585 dari KPU pusat terkait perpanjangan waktu penyerahan berkas pendaftaran partai politik peserta Pemilu di berbagai daerah termasuk Kota Malang.

Waktu penyerahan data keanggotaan partai yang sebelumnya dibatasi maksimal tanggal 16 Oktober 2017 pukul 24.00 WIB akhirnya diperpanjang hingga 17 Oktober 2017 pukul 24.00 WIB.

"Kami tahu ada surat edaran tersebut, Senin (17/10/2017) sekitar pukul 20.00 WIB, waktu batas akhir pemberkasan terakhir kemarin. Bahkan kemarin sempat dikebut, Partai Demokrat saja sampai pukul 01.00 WIB," tandas Fajar Santosa Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Malang, Selasa (17/10/2016).

Lanjutnya, surat tersebut muncul didasarkan pada temuan secara nasional terkait banyaknya pemberkasan parpol yang belum tuntas.

"Perpanjangan ini justru memudahkan partai politik yang belum menyerahkan data keanggotan. Mereka punya waktu untuk menginput ke Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Mereka juga bisa memerbaiki data Sipol yang belum sesuai," ungkapnya.

Keuntungan lain dari perpanjangan waktu ini adalah partai-partai yang telah mendaftar namun berkasnya dikembalikan oleh KPU punya waktu untuk memperbaikinya hari ini sampai pukul 24.00 WIB.

"Ada tiga partai yang sebelumnya mendaftar namun kami kembalikan berkasnya yakni Partai Bulan Bintang (PBB), PKPI, Partai Republik," pungkasnya.