KPK Geber Pemeriksaan di Kota Malang (4)

Heri Mursid Sebut Pemeriksaannya oleh KPK Tak Terkait Pemkot Malang

Oct 17, 2017 12:33
Direktur Properti PT Citra Gading Asritama Heri Mursid Brotosejati usai menjalani pemeriksaan KPK di Aula Polres Malang Kota. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Direktur Properti PT Citra Gading Asritama Heri Mursid Brotosejati usai menjalani pemeriksaan KPK di Aula Polres Malang Kota. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pukul 11.20 siang ini (17/10/2017) Direktur Properti PT Citra Gading Asritama Heri Mursid Brotosejati keluar dari Aula Polres Malang Kota.

Baca Juga : Dewan Nilai Dirut PDAM Tak Penuhi Kompetensi, Usul Konkret Dicopot

Heri baru usai menjalani pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI. Namun, dia menyangkal pemeriksaannya terkait kasus rasuah di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. 

"Iya ada pemeriksaan tapi terkait kasus di luar Jawa, yang Kalimantan itu," ujar Heri pada awak media. Heri mengaku ditanyai apakah mengenal Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari dan beberapa pejabat Kukar. 

Berdasarkan berita yang dilansir detik.com, KPK tengah mengusut dugaan korupsi bos PT Citra Gading Asritama Ichsan Suaidi. Ichsan diperiksa sebagai saksi dalam dugaan gratifikasi yang diterima Rita.

Ichsan sendiri merupakan kakak dari Heri Mursid. "Pemeriksaan saya ini kayaknya pengembangan penggalian di KPK untuk mencari informasi lain. Karena juga sempat ditanya apakah mengetahui perusahaan-perusahaan rekanan terkait proyek di Kukar," terangnya. 

Heri menegaskan tidak ada satu pun pertanyaan yang terkait dengan kasus rasuah di Kota Malang. Baik itu kasus gorong-gorong jacking Jalan Bondowoso yang sempat masuk ranah hukum. "Nggak ada sama sekali. Sprindik (surat perintah penyidikan dan pemeriksaan) bicaranya bukan Malang," tegasnya.

Selain Heri, terdapat beberapa orang yang juga diperiksa di ruangan tersebut. Namun dia mengaku tidak menghitung jumlah pasti terperiksa. Dia juga mengatakan tidak mengetahui adanya anggota DPRD Kota Malang yang juga menjalani pemeriksaan. "Saya nggak hitung, sepertinya dari swasta," tuturnya. 

Baca Juga : Pipa Terus Bocor, Wali Kota Malang Sutiaji Beri Komentar Ini

Mengenai penggeledahan KPK di rumahnya di Jalan Sukarno Hatta pada medio Februari 2016 lalu, Heri mengaku tidak ada dokumen yang diambil. Namun. penggeledahan itu terkait kasus lain yang melibatkan Mahkamah Agung. "Pemeriksaan hari ini juga nggak terkait penggeledahan dulu itu," tegasnya. 

Sementara itu, Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha membenarkan adanya rangkaian pemeriksaan saksi di Kota Malang. "Hari ini dijadwal gak ada nama Heri Mursid. Adanya Syukur Mursid, eks dirut PT Gading Citra. Dia saksi untuk tersangka Bupati Kukar," ujarnya melalui pesan WhatsApp. 

Topik
KPK Geber PemeriksaanKota MalangPT Citra Gading AsritamaKorupsi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru