Perjuangan Hidup Mati Kampus Swasta di Malang (4)

Meski Kampus Swasta, Ternyata Lulusan Unidha Jadi Tokoh Berpengaruh di Malang Raya

Oct 11, 2017 12:20
Kampus Wisnu Wardhana (foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Kampus Wisnu Wardhana (foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

MALANGTIMES- Meskipun berstatus kampus swasta, Universitas Wisnuwardhana (Unidha) Malang bukan kampus yang bisa dianggap remeh. Pasalnya, kampus yang berada di Jalan Danau Sentani 99, Sawojajar, Kota Malang ini, mampu bersaing dengan kampus-kampus besar lainnya dengan mencetak para tokoh berpengaruh dalam pemerintahan maupun swasta.

Lihat saja tokoh penting dalam pemerintahan Kabupaten Malang seperti Rendra Kresna yang saat ini menjadi Bupati Kabupaten Malang. Siapa sangka bupati yang lekat dengan peci khasnya tersebut juga merupakan lulusan dari Unidha Malang. Rendra merupakan alumni dari Fakultas Hukum Unidha sekitar tahun 1990an.

Baca Juga : Dewan Nilai Dirut PDAM Tak Penuhi Kompetensi, Usul Konkret Dicopot

Rektor Unidha Malang, Prof Dr.H Suko Wiyono, SH, MH melalui Kepala Biro Administrasi Umum (BAU) Unidha Malang, Drs.Edy Supomo M.H mengungkapkan, selain Bupati Malang, juga masih ada lagi tokoh pemerintahan yang merupakan lulusan Unidha Malang, yakni Plt Wali Kota Batu, Punjul Santoso.

"Bahkan Ketua DPRD Batu Cahyo Edi Purnomo juga merupakan lulusan Unidha Malang. Kalau untuk di Kota Malang, banyak lulusan kampus kami yang juga menjadi PNS pemerintahan," ungkap Edy ketika ditemui di kantornya, Rabu (11/10/2017).

Lebih lanjut ia menjelaskan, lulusan kampusnya juga banyak tersebar di kawasan timur dan banyak yang menjadi PNS, kepala sekolah, maupun profesi lainnya seperti pengacara.

"Melihat prestasi dari Unidha, jumlah penerimaan  mahasiswa sendiri setiap tahun juga semakin naik. Seperti 2015-2016 ada sekitar 1.150 mahasiswa, sedangkan 2017-2018 ada sekitar 1.280 mahasiswa," ungkapnya.

Kepala Biro Administrasi Umum Unidha Malang Drs.Edy Supomo M.H

Lanjutnya, peningkatan ini terjadi selain karena prestasi, juga karena rekomendasi dari para alumni-alumni yang berhasil di kawasan timur. Memang setiap alumni selalu menginformasikan kepada adik-adik kelasnya yang ingin menempuh perguruan tinggi di Malang, diarahkan ke Unidha Malang.

"Dulu saat wisuda, saya sempat tahu lulusan asal NTT, pas saya tanya, lho kok ke sini lagi, terus dia jawab, lya ini anak saya pak. Ternyata anaknya juga kuliah di sini, anaknya juga juara beladiri kempo Jatim. Karena melihat alumni yang berhasil di sana makanya banyak yang merekomendasikan," paparnya.

Selain dalam dunia pemerintahan, lulusan Unidha juga berhasil dalam menelurkan wirausahawan yang cukup berhasil seperti lulusan terbaik Unidha tahun 2016 Ratna Ningrum. Selain menjadi lulusan terbaik dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi, mahasiswa asal Desa Pucang Songo, Pakis ini juga sukses berbisnis konveksi dan mengajar di Taman Kanak- Kanak (TK).  

Baca Juga : Pipa Terus Bocor, Wali Kota Malang Sutiaji Beri Komentar Ini

Untuk urusan pelayanan dalam sistem kampus, Unidha Malang juga tak ketinggalan. Dengan sistem pelayanan online dalam Sistem Informasi Akademik (Siakad), kampus ini juga berhasil meraih juara kedua dari Kopertis Jatim untuk pelayanan Siakad Jatim.

"Kami juara dua dari 330 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jatim," pungkasnya.

Topik
Kampus SwastaKampus Swasta malangWisnu Wardhana

Berita Lainnya

Berita

Terbaru