Ketua DPD M.Fadli (kanan) (Foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Ketua DPD M.Fadli (kanan) (Foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kedua kali mendatangi Kantor KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Malang untuk menyerahkan berkas jumlah anggota partai, Partai Nasdem Kota Malang malah terdeteksi memiliki jumlah data yang tidak sinkron.

Ketidaksinkronan tersebut terdeteksi pada Sistem Informasi Politik (Sipol) KPU Kota Malang dengan Sipol Partai. Dimana terdapat perbedaan data jumlah anggota.

Hal tersebut sebelumnya, memang belum diketahui oleh pihak KPU. Karena KPU sendiri tidak bisa membuka Sipol dari partai, sebaliknya partai tidak bisa membuka Sipol dari KPU.

Data Sipol KPU diperoleh dari DPP pusat, yang selanjutnya diinput dan masuk dalam data KPU daerah. Dari sinilah bisa saja perbedaan data terjadi karena ada kesalahaan dalam penginputan data.

"Setelah berkoordinasi dalam pencocokan data, dengan membuka Sipol KPU dan Sipol Partai, dari situlah terlihat perbedaan yang membuat data-data dari Partai Nasdem sebelumnya salah. Banyak hal-hal yang KPU tidak tahu, Ketua KPU tadi juga sudah menyikapi dengan terima kasih karena ada hal yang tidak diketahui jadi tahu," ungkap M. Fadli Ketua DPD Partai Nasdem Kota Malang, Selasa (10/10/2017).

Ia menambahkan bahwa dengan adanya perbedaan data antara Sipol Partai dan Sipol KPU, pihak partai bisa belajar. Namun secara prinsip, substansi antara Sipol Partai dengan Sipol KPU sudah sama. 

"Memang hanya berbeda nomor urut, karena apa, kita nggak bisa buka Sipol KPU, KPU ngga bisa buka Sipol kita. Lha ini, KPU sudah memaklumi, ini saya baru tahu," paparnya.

Setelah pencocokan data antara Sipol KPU dan Sipol dari partai yang berlangsung cukup lama, dan didapati hasil yang sudah fix, sebenarnya Partai Nasdem sudah bisa menyerahkan data tersebut pada hari ini, Selasa (10/10/2017) dan mendapatkan tanda terima sehingga lolos sebagai peserta Pilkada.

"Namun partai saat ini masih menunggu hingga tanggal 13 Oktober, dimana partai sudah sepakat untuk serentak mendaftar pada tanggal tersebut. Karena itu, hal ini sebagai bukti salah satu kesiapan kami," pungkasnya.