Teh Asli Malang, Kabarnya Kini (12)

Beginilah Cara Menikmati Teh dari Jepang hingga Malang

Oct 05, 2017 12:49
Beginilah tradisi ritual minum teh di Jepang. (Foto: google image)
Beginilah tradisi ritual minum teh di Jepang. (Foto: google image)

MALANGTIMES - Menikmati secangkir teh di Indonesia ternyata begitu berbeda dengan di Jepang. Jika di Indonesia tidak mebutuhkan ritual khusus untuk menikmati minuman dari daun Camellia Sinensis ini, tidak begitu di Jepang. Untuk menikmatinya anda harus mengikuti aturan minum teh sesuai budaya Jepang.

Baca Juga : Dewan Nilai Dirut PDAM Tak Penuhi Kompetensi, Usul Konkret Dicopot

Menurut berbagai sumber yang berhasil dihimpun MalangTIMES di Jepang, untuk menikmati secangkir teh haruslah disiapkan secara khusus dengan ritual yang khsusus pula oleh orang yang mendalami seni membuat teh atau yang kerap disebut dengan Chasitsu dan tidak bisa disajikan oleh sembarang orang.

Meski begitu tuan rumah dapat mengundang tamu untuk menikmati teh bersama. Namun, dia bertanggungjawab untuk menciptakan suasana yang menyenangkan.

Sebelum menikmati teh bersama di ruangan khusus yang telah disediakan oleh tuan rumah, tamu diminta untuk mencuci tangan dan mulut di stone basin. Ritual diawali dengan mempersiapkan segala perlengkapan untuk minum teh bersama.

Selain perlengkapan minum teh, posisi duduk dan tata cara minum teh pun juga diatur dalam ritual ini. Tamu dan tuan rumah haruslah duduk dengan posisi dada tegap dan kaki dilipat ke belakang.

Selanjutnya ahli teh menyiapkan teh dan memberikan cangkir kepada masing-masing tamu. Cangkir yang diberikan pun ada ketentuannya. Untuk tamu pria, cangkir yang diberikan bemotif polos, sedangkan untuk wanita diberikan cangkir dengan motif bunga-bunga.

Motif haruslah mengarah ke tamu. Hal ini dimaksudkan sebagai penghormatan tertinggi pada tamu yang memenuhi undangannya. Gerakan tangan tuan rumah saat menuangkan teh ke cangkir-cangkir tamu juga begitu ditata sedemikian rupa. Dengan gerakan tangan yang gemulai tuan rumah menyajikannya ke cangkir-cangkir.

Baca Juga : Pipa Terus Bocor, Wali Kota Malang Sutiaji Beri Komentar Ini

Dengan gerakan lembut teh dihirup aromanya sebelum akhirnya tamu menyeruput teh yang dihidangkan. Saat minum teh, undangan harus menghadapkan motif bunga-bunga ke arah tuan rumah. Sama, hal itu dilakukan juga sebagai bentuk penghormatan kepada tuan rumah.

Berbeda dengan di Indonesia, untuk menikmati secangkir teh hangat biasanya masyarakat menyandingkannya dengan biskuit sebagai cemilan. Masyarakat Indonesia juga lebih memilih waktu pagi dan sore hari untuk menimati minuman beraroma wangi ini.

Seiring dengan berjalannya waktu, budaya menikmati teh pun berubah. Di Kota Malang untuk menikmati teh ada berbagai cara. Salah satunya dengan mencampurnya dengan varian rasa buah-buahan yang segar.

Nah, tertarik menikmati teh dengan cara yang mana, Sahabat?

Topik
Cara Menikmati TehjepangMalang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru