Kafe di Pinggiran Kota Malang Gaet Pengunjung (8)

Ambil Foto di Kafe Outdoor, Fotografer Asal Malang Ingatkan Dua Hal

Oct 04, 2017 16:13
Fotografer senior asal Malang, Sonny Prasetio (foto: Istimewa)
Fotografer senior asal Malang, Sonny Prasetio (foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Suguhan interior bernuansa alam kafe-kafe di kawasan perbukitan Joyo Agung menarik hati warganet di media sosial Instagram. Banyak foto diunggah berlatar interior kafe-kafe tersebut. Beberapa kafe menjadi lokasi favorit warganet mengambil foto. Yakni Bukit Delight, Cokelat Klasik, Camilo Colours and Garden, dan Soima Bar and Kitchen.

Dari segi fotografi, pengambilan foto di kafe bernuansa alam ternyata perlu memperhatikan cahaya dan komposisi. Disodorkan MALANGTIMES foto interior kafe-kafe di kawasan perbukitan Joyo Agung, fotografer asal Malang Sonny Prasetio menjelaskan bahwa yang perlu diperhatikan ialah cahaya.

Baca Juga : Kampanye #byesedotanplastik Mulai Akrab di Telinga Pengunjung Hotel, Resto, dan Cafe di Kota Malang, Bagaimana Respons Mereka?

"Cahaya maksudnya di sini bisa juga jam-jam pengambilan foto. Kalau saran saya, waktu paling bagus mengambil foto adalah jam tiga sampai lima sore. Puncak cahaya bagus-bagusnya dan saya rasa mendukung di kafe itu ialah jam lima sampai enam sore," saran pria yang mendalami fashion photography itu, Rabu (4/10/2017).

Bila ingin mengambil gambar pada malam hari juga tak menjadi soal. Terpenting ialah kemahiran membidik lensa. "Kalau malam sebenernya juga nggak masalah asalkan pencahayaannya cukup. Tapi saya cenderung siang atau sore," imbuh pria yang juga bekerja di bidang IT itu.

Sonny berpendapat beberapa kafe memiliki keunikan. Dari sekian kafe yang disodorkan MALANGTIMES, Sonny memilih beberapa saja. Camilo Colours and Garden, menurut dia, memiliki komposisi bagus apabila menjadi latar foto. "Kafe ini lebih masuk ke tema-tema rastic ya. Di lokasi ada pohon dalam jumlah banyak dan karena jumlahnya banyak itu komposisinya bagus kalau dibuat foto," tutur dia.

Kafe lain yang dipilih Sonny bila ia diminta melakukan sesi foto di tempat itu ialah Soima Bar and Kitchen. Kafe itu dinilai memiliki sudut-sudut menarik yang bagus sebagai framing foto. Di dunia fotografi, framing adalah menempatkan subjek utama foto atau point of interest (POI) dalam posisi yang sedemikian rupa sehingga dikelilingi elemen lain dalam foto.

Baca Juga : Malang Selatan Simpan Emas, Zaman Ken Arok Pernah Dieksploitasi

Lebih lanjut, lokasi kafe juga perlu disesuaikan dengan busana yang dikenakan. Terutama bagi kaum hawa, Sonny menyarankan agar foto lebih menarik sebaiknya menyelaraskan busana dan lokasi kafe. Pria yang kini fokus di bidang foto fashion itu menerangkan, foto fashion yang dilakukan di kafe-kafe kawasan Joyo Agung perlu mempertimbangkan sudut pengambilan gambar. "Karena kan kalau di foto fashion, kita harus pertimbangkan pengambilan gambar dari depan, samping, dan seluruh badan," jelas dia.

Nah, dari sisi dunia fashion busana apa yang pas dikenakan saat mendatangi kafe-kafe bernuansa alam di kawasan perbukitan Joyo Agung, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, itu? Simak ulasan MALANGTIMES bersama pengamat mode sekaligus perancang busana asal Malang pada bagian selanjutnya. (*)

Topik
Fotografer Malanginterior kafekafe malangspot foto kafe

Berita Lainnya

Berita

Terbaru