Teh Asli Malang, Kabarnya Kini (3)

Ini Dia 4 Teh Terbaik di Indonesia. Satu di Antaranya Ada di Malang

Oct 03, 2017 21:57
Daun teh di Kebun Teh Lawang merupakan satu dari empat teh terbaik di Indonesia (Foto : Google Image)
Daun teh di Kebun Teh Lawang merupakan satu dari empat teh terbaik di Indonesia (Foto : Google Image)

MALANGTIMES - Setelah mengetahui sejarah panjang asal mula teh, tidak afdal jika kita tidak tahu berbagai macam jenis teh yang ada di Indonesia.

Berbagai macam jenis teh unggulan ternyata tertanam di bumi Nusantara sehingga menghasilkan minuman teh dengan aroma yang wangi.

Baca Juga : Dewan Nilai Dirut PDAM Tak Penuhi Kompetensi, Usul Konkret Dicopot

Menurut berbagai sumber yang dihimpun MalangTIMES ada beberapa jenis minuman teh yang menjadi favorit.

Beberapa di antaranya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Terutama untuk kesehatan kulit khususnya bagi kaum hawa. Sedikitnya ada empat jenis teh yang kerap dicari karena aroma dan khasiatnya.

1. Teh Hijau

Teh jenis ini diperoleh dengan proses tanpa fermentasi atau oksidasi enzimatis. Teh ini dibuat dengan cara mengaktifkan enzim fenolase yabg ada pada pucuk daun teh segar.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, perlu melewati proses pemanasan baik dari udara kering maupun basah dengan cara diuap.

Banyak orang memilih dengan melalui proses udara kering yaitu di panggang. Sebab, lewat proses ini akan menghasilkan aroma teh yang lebih kuat. Meski begitu, orang-orang di Cina lebih memilih membuatnya dengan uap sehingga menghasilkan warna yang hijau.

2. Teh Oolong

Teh jenis ini kebanyakan dihasilkan di Cina dan Taiwan. Teh ini begitu istimewa dan dinilai sebagai teh terbaik sebab mengambil tiga daun teh teratas yang dipetik tepat waktu.

3. Teh Hitam atau Teh Merah

Baca Juga : Pipa Terus Bocor, Wali Kota Malang Sutiaji Beri Komentar Ini

Teh ini adalah teh yang paling banyak dikonsumsi dan diprosuksi oleh orang Indonesia dan diperoleh melalui proses fermentasi.

Teh jenis ini mengandung kafein tertinggi dan memiliki rasa yang lebih pekat. Rasanya sedikit pahit dan memberikan kenikmatan tersendiri bagi pecinta teh.

4. Teh Putih

Teh jenis ini tidak mengalami fermentasi seperti seperti teh yang lain. Prosesnya pun dengan pengeringan atau penguapan secara singkat.

Daun teh yang diolah adalah daun-daun yang belum benar-benar mekar. Menariknya teh jenis ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Sebab, teh jenis ini tidak banyak tumbuh di Indonesia. Hanya ada tiga perkebunan teh yang memproduksi teh jenis ini, yakni di PT Chakra Ciwidey, PTPN VIII Garut dan PTPN XII Wonosari, Lawang Jawa Timur.

Topik
teh malangbisnis teh malangteh asli malangteh terbaikkebun teh malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru