Rangkaian kegiatan Malang Beach Festival dimulai 4 November hingga 17 Desember di sepanjang pantai Jalur Lintas Selatan, Kabupaten Malang.(Foto : Imam Syafi'i/MalangTIMES)
Rangkaian kegiatan Malang Beach Festival dimulai 4 November hingga 17 Desember di sepanjang pantai Jalur Lintas Selatan, Kabupaten Malang.(Foto : Imam Syafi'i/MalangTIMES)

MALANGTIMES – Sesuai intruksi Bupati Malang Dr H Rendra Kresna rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1257 akan difokuskan di bibir pantai yang ada. 

Oleh karena itu, kegiatan HUT Kabupaten Malang ini salah satunya dikemas dengan rangkaian acara bernama Malang Beach Festival.

Baca Juga : Quraish Shihab Tegaskan Wabah Covid-19 Bukan Azab Allah

Acara ini digelar mulai 4 November hingga 17 Desember dan bakal dimeriahkan beragam event sport tourism untuk menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara menjelaskan maksud dan tujuan memfokuskan kegiatan di bibir pantai tidak lain untuk mengangkat keindahan dan eksotisme beragam pantai yang dimiliki Kabupaten Malang.

“Kami menginginkan  semarak Hari Jadi Kabupaten Malang tahun ini digelar di pantai. Acara seperti itu tidak dimiliki daerah lain. Makanya kita fokuskan setiap kegiatan dengan visualisasi keindahan pantai,” kata Made kepada MalangTIMES.

Selain itu, konsep acara ini sesuai dengan visi dan misi tiga pilar utama Kabupaten Malang. Salah satunya meningkatkan potensi destinasi pariwisata yang ada.

Tak hanya itu saja, wilayah yang memiliki 33 kecamatan ini juga sudah ditetapkan Menteri Pariwisata, Arief Yahya sebagai jantungnya pariwisata Jawa Timur sesuai dengan tagline yang dimiliki Kabupaten Malang yakni‘The Heart of East Java’.

“Branding itu kami harapkan akan menancap dalam ingatan para wisatawan yang datang untuk berlibur di Kabupaten Malang. Kami ingin menegaskan bahwa daerah  di Jawa Timur yang memiliki beragam keindahan pantai hanya Kabupaten Malang," terang pria asli Pulau Dewata Bali ini.

Baca Juga : Balada Susilo: Hidup di Gigir Kemiskinan Tanpa Jaring Sosial Pemerintah

Lebih lanjut Made menerangkan inti kegiatan ini juga bertujuan memberi hiburan kepada masyarakat luas agar betah berlama-lama menikmati eksotisme wisata pantai di Kabupaten Malang.

“Bisa jadi acara Malang Beach Festival ini tidak hanya satu bulan, bahkan bisa dua bulan dan digelar berturut-turut setiap hari Sabtu dan Minggu. Rencananya, acara akan difokuskan di Pantai Ungapan, Nganteb, Balekambang, dan Bajul Mati. Acaranya akan dikemas dengan kirab budaya, layang-layang, kano, paralayang, balap sepeda, rally jeep, maraton beach running 10 Km, Tari Bapang, dan Jet Ski,” paparnya.

“Jadi peserta lomba kegiatan itu akan dimanjakan dengan ombak pantai, dan mereka bisa memanfaatkan spot foto di sepanjang pantai Jalur Lintas Selatan (JLS),” pungkasnya.