Wali Kota Malang H Moch Anton (Foto: Hezza Sukmasita/ MalangTIMES)
Wali Kota Malang H Moch Anton (Foto: Hezza Sukmasita/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Mengetahui sejarah perjuangan Republik Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan memanglah begitu penting bagi generasi milenial saat ini. Sebab, dengan mengerti bagaimana perjuangan para pejuang membuat pemuda semakin bisa menghargai nilai-nilai perjuangan.

Apalagi sejarah tersebut berkaitan dengan Gerakan 30 September atau kita lebih mengenalnya dengan G 30 S/PKI. Karena itulah Wali Kota Malang H Moch Anton mendukung penuh pemutaran film G 30 S/PKI yang sebelumnya diinisiasi oleh Korem 083/Bdj dengan menggelar nonton bareng di Rampal.

Sebelumnya, Danrem 083/Bdj menginstruksikan kepada seluruh elemen di bawahnya untuk memutar film tersebut. Hal ini berdasarkan perintah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmayanto.

"Pemutaran film G 30 S/ PKI sangat bagus. Saya sangat mendukung, sebab generasi kita juga harus mengetahui bagaimana sejarah," ujar pria yang akrab disapa Abah Anton ini.

Bahkan Anton berharap agar pelajar-pelajar sekolah juga turut menonton bersama. Dia mengatakan, bila perlu dirinya akan meminta langsung kepada Dinas Pendidikan Kota Malang untuk mengajak seluruh pelajar di Kota Malang menyaksikan film G 30 S/ PKI bersama.

"Yang penting prinsipnya kan mengingatkan sejarah supaya anak-anak tahu sejarahnya. Saya berharap di lingkungan pemerintahan juga melakukan hal yang sama. Bila perlu kita nobar di halaman Balai Kota," seru Anton.