Fashion Terbaru Versi MALANGTIMES

Gingham Masih Jadi Tren Mode Dunia, Apa Itu?

Sep 19, 2017 10:06
Koleksi Adam Selman untuk Spring 2018 menampilkan gingham. (foto via Mood Sewciety)
Koleksi Adam Selman untuk Spring 2018 menampilkan gingham. (foto via Mood Sewciety)

MALANGTIMES​ - Salah satu pagelaran fashion terakbar dunia, New York Fashion Week (NYFW), baru saja berakhir. Sejumlah  rumah busana memprediksi tren pada spring (musim gugur) 2018.

Gingham rupanya cukup banyak dipakai beberapa rumah mode. Sebut saja Clavin Klein dan Kate Spade New York. 

Baca Juga : Banyak Kemudahan Ditawarkan Apartemen Kalindra Malang untuk Para Pekerja

Apa sih gingham dan mengapa menjadi tren di kalangan fashionista dunia? Yuk simak ulasan menarik MALANGTIMES berikut ini. 

Sebelum mengenal bagaimana tren mode gingham, kenali dulu sejarahnya. Ladies, gingham berasal dari kata sifat bahasa Melayu, genggang, yang berarti bergaris.

Gingham diimpor ke Eropa pada abad ke-17. Awalnya merupakan kain bergaris, tetapi sekarang telah berubah menjadi pola kotak-kotak.

Dalam istilah mode, kain kotak-kotak sebenarnya bukan disebut gingham. Lantaran secara harfiah gingham ialah kain tenun ringan yang dibuat dengan benang katun yang diwarnai.

Meski identik dengan motif kotak-kotak dengan warna putih dan  merah, kain motif kotak-kotak punya nama asli vichy. 

Dikutip dari buku A-Z Istilah Fashion, gingham terbuat dari linen kemudian katun. Bahan ditenun dari benang yang sudah diberi warna sebelumnya menjadi kotak-kotak dengan ukuran bervariasi.

Gingham populer pada musim panas sejak abad ke-19. Tren gingham kian terkenal di tahun 1940-an. Jenis pakaian yang banyak diaplikasikan ialah gaun, blus, rok, playsuits, dan bikini. 

Baca Juga : Tetap Stylish di Tengah Wabah Virus Corona dengan Masker Bola Disko, Mau Coba?

Nah, gingham juga banyak dipakai oleh rumah mode dalam gelaran NYFW untuk spring 2018. Adam Selman memakai gingham warna netral dengan sentuhan ikat pinggang warna hijau terang dalam koleksinya. Sementara, Calvin Klein memilih koleksi setelan jas dengan warna gingham lebih gelap yakni merah bata. 

Rumah mode lain yang menampilkan gingham adalah Kate Spade New York. Setelan gingham warna black and white menjadi pilihan rumah mode asal Amerika Serikat itu. 

Street style dengan gingham ditampilkan rumah mode R13. Dua kombinasi gingham dan floral pattern digabungkan bersamaan. Satu motif gingham adalah warna merah dan hitam. Kotak-kotak besar menjadi motif yang ditampilkan pada tumpukan busana. (*)

 

Topik
GinghamTren ModeFashion Terbaru
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru