KPK OTT Wali Kota Batu Eddy Rumpoko (2)

Febri Jubir KPK: Total Lima Orang Ditangkap KPK

Sep 16, 2017 20:37
Ilustrasi
Ilustrasi

KOTA BATU - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di lingkungan Pemerintah Kota Batu, Sabtu (16/9/2017) siang sekitar pukul 14.00. Komisi anti rasuah ini menangkap Wali Kota Batu Eddy Rumpoko di rumah dinasnya, Jalan Panglima Sudirman Kota Batu.

Baca Juga : Dewan Nilai Dirut PDAM Tak Penuhi Kompetensi, Usul Konkret Dicopot

Juru bicara KPK Febri Diansyah menegaskan total ada lima orang yang ditangkap KPK, termasuk Wali Kota Batu Eddy Rumpoko.

Wali kota yang akrab disapa ER ini ditangkap ketika bersama Ph, seorang pemilik hotel di Kota Batu. Keduanya saat ditangkap berada di rumah dinas. Posisi rumah dinas sekitar satu kilometer sebelah timur Balaikota Among Tani Kota Batu.

Dalam pengembangan penyelidikan, KPK juga menangkap tangan Edi Setiawan, kepala ULP (unit layanan pengadaan) Pemkot Batu. Juga ada pejabat lain.

”Sekitar lima orang diamankan, termasuk kepala daerah dan pejabat unit pengadaan,” kata Febri kepada BatuTIMES via whatsapp.

Petugas KPK berjumlah 16 orang turut mengamankan dua tas berisi uang yang jumlahnya jutaan rupiah.

Dari informasi yang dihimpun BatuTIMES (grup JatimTIMES), OTT dilakukan atas dugaan suap proyek sarana dan prasarana.

Sementara, sekitar pukul 16.00, suasana ruangan wali kota di lantai 5 Balai Kota Among Tani sudah terlihat sepi.

Seorang office boy di lantai 5 gedung Among Tani menjelaskan sejak tadi pagi ER belum menyambangi kantornya. Selain itu tidak ada kegiatan lainnya di lantai 5. Kebetulan Sabtu adalah hari libur.

Baca Juga : Pipa Terus Bocor, Wali Kota Malang Sutiaji Beri Komentar Ini

"Dari tadi di sini gak ada apa-apa, sepi-sepi saja seperti ini," kata salah seorang OB Balaikota Among Tani kepada BatuTIMES. 

Sementara, protokoler Pemkot Batu Nanang Belong, mengatakan hingga sore hari memang ER tidak ada kegiatan di Balaikota. Selain itu, belum ada kabar kegiatan dari sekretaris pribadi ER.

"Sampai sekarang memang Pak ER tidak ada kegiatan. Cuma Wakil Wali Kota Batu yang akan mengisi acara jambore sepeda motor CB di Balaikota Among Tani," ungkap Nanang.

Sedangkan di rumah dinas wali kota, petugas Satpol PP di pos penjaga bungkam.

Dilain pihak, SusiloTrimulyanto, salah satu pejabat Pemkot Batu memberikan informasi bila yang ditangkap bukan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko. Melainkan Edy Setiawan, Kepala LPSE/ULP Pemkot Batu.

Menurut Susilo, mendengar ada kabar OTT KPK, wali kota langsung menuju KPK. (*)

Topik
Kota Batuott kpkKPK Tangkap Wali Kota Batu Jatim Eddy Rumpoko

Berita Lainnya

Berita

Terbaru