Keeksotisan Desa Wisata Cafe Sawah Pujon Kidul yang mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk berlama-lama menikmati visual bentangan alam Kabupaten Malang. (foto : Imam Syafii/ MalangTIMES)
Keeksotisan Desa Wisata Cafe Sawah Pujon Kidul yang mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk berlama-lama menikmati visual bentangan alam Kabupaten Malang. (foto : Imam Syafii/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Keindahan konsep Desa Wisata Cafe Sawah Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang yang menjual visualisasi keeksotisan bentangan alam di tengah pematang sawah, mampu menyedot animo wisatawan.

Hal itu terbukti, jumlah kunjungan wisatawan di akhir pekan (weekend) mencapai 2.700 orang dari berbagai daerah bahkan dari wisatawan mancanegara.

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

"Jumlah kunjungan wisatawan pada hari weekend rata-rata antara 2 ribu hingga 2.700 orang. Sedangkan hari biasa berkisar antara 400 sampai 500 orang," kata Kepala Desa Pujon Kidul, Udi Hartoko kepada MalangTIMES, Jumat (15/9/2017).

Udi menjelaskan wisatawan yang berkunjung dari berbagai kalangan mulai keluarga dan anak, pelajar, remaja hingga pegawai kantoran.

"Mereka berasal dari berbagai daerah mas, dari Jawa Timur, luar pulau seperti Kalimantan hingga turis asing datang ke sini melihat suasana pemandangan alam dengan udara yang sejuk. Jadi tamu tidak hanya dari Malang Raya saja," jelas Udi dengan tegas.

Lalu apa saja yang mereka nikmati ketika berada di Desa Wisata Cafe Sawah Pujon Kidul, menurutnya bermacam aktivitas yang meraka lakukan dengan beragam fasilitas dan wahana yang sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata.

"Ada yang berkuda, memanah, offroad keliling area wisata, ngopi dan nongkrong di cafe dan mencicipi menu kuliner di gazebo di tengah persawahan, foto selfie di ikon Capung Alas dan branding Kabupaten Malang 'The Heart of East Java'. Saya melihat wisatawan sangat antusias dan menikmati beragam fasilitas yang kami sediakan," akunya.

"Pastinya kita terapkan kepada para petugas menyapa wisatawan dengan menerapkan prinsip Sapta Wisata. Agar wisatawan terkesan selama di sini," paparnya.

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata dan Hiburan di Kota Batu Diperpanjang sampai 21 April

Seperti diberitakan MalangTIMES sebelumnya Desa Wisata Cafe Sawah Pujon Kidul memiliki banyak wahana yang bisa dinikmati wisatawan domestik maupun mancanegara di DeWi cafe sawah ini, pengunjung tinggal memilih wahana diantaranya shooting target paint ball. Permainan ini wisatawan dikenakan biaya Rp 10 ribu yang dibekali 5 butir peluru.

Wisata ini Bila pengunjung mengenakan 5 sasaran target, maka akan diberi hadiah kaos atau naik kuda. Kemudian, ada spot wahana menarik lainnya yakni naik motor ATV dengan merogoh kocek  Rp 40 ribu saja, pengunjung bisa berkeliling dengan rute area persawahan.

Selain itu, bagi pengunjung yang memiliki nyali besar cukup membayar Rp 45 ribu saja, bisa naik kuda The Roudh 78 berkeliling area cafe sawah dua kali putaran.

Wisata yang buka mulai pukul 08.00 sampai 21.00 WIB ini, memberikan banyak fasilitas yang dibutuhkan wisatawan seperti kuliner gazebo maupun taman swafoto.