Camat Kepanjen dan seluruh kepala desa dan lurah se- Kecamatan Kepanjen saat sampai di pendopo kecamatan setelah kirab piala Adipura, Kamis (14/09) (Foto: Nana/ MalangTIMES)
Camat Kepanjen dan seluruh kepala desa dan lurah se- Kecamatan Kepanjen saat sampai di pendopo kecamatan setelah kirab piala Adipura, Kamis (14/09) (Foto: Nana/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tiga penghargaan bergengsi di bidang lingkungan hidup yang didapat Kabupaten Malang, yaitu Adipura ke-10 Kota Kepanjen, Juara I Nirwasita Tantra serta Desa Proklim Tingkat Nasional yang diterima Desa Rejosari Kecamatan Bantur, tidak lepas dari kepemimpinan Bupati Malang.

Hal ini disampaikan oleh Camat Kepanjen Abai Saleh yang mengarak tiga piala tersebut dari Stadion Kanjuruhan sampai ke Pendopo Kecamatan Kepanjen, Kamis (14/09).

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

"Semua keberhasilan ini tidak lepas dari kepemimpinan Bupati Malang. Dedikasi dan kerja kerasnya dalam lingkungan hidup patut kita teladani," kata Abai Saleh kepada MalangTIMES.

Kepemimpinan Dr H Rendra Kresna tersebut yang menjadikan seluruh jajarannya juga mengimbangi kerja keras dalam lingkungan hidup, terutama di Kecamatan Kepanjen.  

Melalui tangan dingin dan kepedulian Rendra inilah, Kepanjen kembali meraih Piala Adipura yang ke sepuluh sebagai kota kecil terbersih.

Abai juga menambahkan untuk 14 desa dan 4 kelurahan yang ada di Kecamatan Kepanjen telah berkomitmen mendukung penuh Pemerintahan Kabupaten Malang dalam pelestarian lingkungan hidup, pengentasan kemiskinan dan pengembangan pariwisata.

"Kami semua siap menyukseskan tiga program besar Bupati Malang. Karena Kepanjen adalah barometer pemerintahan daerah dan pusat," tegas Abai. 

Baca Juga : Mokong Keluyuran Malam Hari, Warga Jalani Rapid Test Covid-19 di Tempat

Khusus untuk pelestarian lingkungan hidup, Kecamatan Kepanjen terus melakukan edukasi kepada masyarakat agar selalu peduli dengan lingkungan sekitarnya. Selain menjaga kebersihan juga mengenai pengelolaan sampah yang ada di desa dan kelurahan. 

Target di tahun depan, Abai berharap dengan dicanangkannya Gerakan Jumat Bersih oleh Bupati Malang bisa membawa Kepanjen meraih penghargaan yang lebih tinggi dalam Adipura, yaitu Adipura Purna.

"Insyaallah kita bisa meraih adipura purna sebagai penghargaan tertinggi dalam bidang lingkungan hidup di sebuah kota," pungkas Abai.